sveosportu.com

Final Liga Champions: Kisah Manis Toni Kroos di Wembley

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, memutuskan pensiun setelah membela Jerman di Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Toni Kroos telah mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun setelah gelaran Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dan Real Madrid menjadi klub terakhirnya.

Toni Kroos akan tampil bersama Jerman di turnamen Euro 2024 yang digelar di negaranya tersebut mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2024.

Pertandingan final Liga Champions 2023-2024 akan menjadi laga terakhir Toni Kroos bersama Real Madrid.

Toni Kroos akan membela Real Madrid menghadapi Borussia Dortmund di final Liga Champions 2023-2024, yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB.

Jika berhasil meraih gelar Liga Champions musim ini, maka akan menjadi trofi Si Kuping Besar keenam bagi Toni Kroos sepanjang kariernya, atau yang kelima selama berseragam Real Madrid.

Sebelumnya, gelar Liga Champions pertama Toni Kroos ia dapatkan saat membela Bayern Munchen melawan Borussia Dortmund di musim 2012-2013.

Uniknya adalah lokasi pertama kali Toni Kroos meraih gelar Liga Champions adalah di Stadion Wembley, sama dengan lokasi final terakhirnya bersama Real Madrid nanti, dan lawan yang akan dihadapi juga sama, Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund vs Real Madrid akan menjadi laga final Liga Champions musim 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/).
Borussia Dortmund vs Real Madrid akan menjadi laga final Liga Champions musim 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/).

"Saya sangat menantikannya. Kami sudah pernah ke sini sebelumnya dan kami tahu apa yang menanti kami. Mustahil memenangkan trofi tanpa tim," ujar Toni Kroos.

"Ini akan menjadi pertandingan terakhir saya untuk Real Madrid, tapi bagi saya perpisahannya terjadi dua hari yang lalu. Ini adalah malam yang menyenangkan dan patut dikenang, tetapi ada pertandingan yang sangat penting minggu ini," ujar Toni Kroos menambahkan.

Terlepas dari keputusannya untuk pensiun, Toni Kroos saat ini lebih fokus untuk menghadapi final Liga Champions melawan Borussia Dortmund.

Kemenangan di laga final akan menjadi perpisahan sempurna dengan Real Madrid, sekaligus mengulang sejarah ketika mengalahkan Borussia Dortmund dalam laga final Liga Champions 2012-2013 di Wembley.

"Ini adalah pertandingan paling penting di dunia di level klub dan saya sepenuhnya fokus untuk memenangkannya," ujar Kroos.

"Saya memenangkan Liga Champions pertama saya di Wembley dan pada hari Sabtu saya ingin menyelesaikan lingkaran itu," ujarnya menambahkan.

Selama membela Real Madrid, Kroos tampil dalam 463 pertandingan dan berhasil memenangkan 22 gelar yaitu 4 Liga Champions, 5 Piala Dunia Antarklub, 5 Piala Super Eropa, 4 La Liga, 1 Copa del Rey, dan 4 Piala Super Spanyol.

Musim ini Kroos membantu Real Madrid memenangi gelar La Liga, dan Piala Super Spanyol, sehingga gelar Liga Champions akan menjadi perpisahan sempurna untuknya bersama Los Blancos.

Namun, Kroos tak mau menganggap remeh Dortmund, apalagi mereka berhasil menyingkirkan Atletico Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions musim ini.

"Kami menghadapi lawan yang mungkin mengejutkan sebagian orang. Ini tidak akan mudah dan ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya telah melihat pertandingan mereka melawan Atlético dan PSG dan mereka dapat membuat Anda sangat menderita," ujar Kroos.

"Mereka bertahan dengan sangat ketat dan memiliki pemain yang sangat cepat dalam melakukan serangan balik. Kami telah bermain melawan semua tim Jerman musim ini dan kami tahu betapa sulitnya itu. Ini merupakan perjalanan yang sangat sulit dan tidak ada gunanya kalah sekarang," ujarnya menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat