sveosportu.com

Veddriq Leonardo dan Raji'ah Sallsabillah ke Olimpiade 2024

Veddriq Leonardo-Raji'ah Sallsabillah

- Tim panjat tebing Indonesia sukses menambah dua wakil untuk tampil di Olimpiade 2024 via Veddriq Leonardo dan Raji'ah Sallsabillah.

Turun di nomor speed, Veddriq Leonardo dan Raji'ah Sallsabillah mengamankan tiket ke Paris 2024 lewat jalur Olympic Qualifier Series.

Olympic Qualifier Series merupakan ajang kualifikasi khusus yang digelar IOC untuk empat cabor "urban", yakni BMX freestyle, break dance, panjat tebing, dan skateboard.

Panjat tebing sendiri punya 30 tiket Olimpiade 2024 untuk diperebutkan dalam Olympic Qualifier Series di Shanghai, Cina (16–19 Mei) dan Budapest, Hongaria (20–23 Juni).

Dari 30 tiket yang tersedia itu, 20 di antaranya dialokasikan untuk nomor kombinasi lead & boulder dan 10 lainnya merupakan slot nomor speed.

Veddriq Leonardo dan Raji'ah Sallsabillah berhak mendapat tiket Olimpiade 2024 usai jadi lima atlet terbaik di masing-masing kategori nomor speed.

Berdasarkan klasemen kombinasi seri Shanghai dan Budapest, Veddriq Leonardo menjadi atlet terbaik kedua di nomor speed putra dengan torehan total 91 poin.

Veddriq Leonardo mendapat 50 poin usai memenangi seri Shanghai sedangkan 41 poin lainnya didapat usai finis ketiga di seri Budapest yang tuntas digelar Sabtu (22/6/2024).

“Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama,” kata Veddriq Leonardo.

Tim panjat tebing Indonesia sejatinya juga menempatkan Kiromal Katibin dan Aspar Jaelolo di lima besar klasemen akumulasi seri Shanghai dan Budapest.

Akan tetapi, keduanya tak berhak mendapat tiket Olimpiade 2024 karena satu negara hanya boleh mengirim dua wakil dalam nomor speed putra. 

Sebelum Veddriq Leonardo, skuad Merah Putih lebih dulu meloloskan Rahmad Adi Mulyono pada akhir tahun lalu. 

Rahmad Adi Mulyono lolos usai menjuarai turnamen kualifikasi Olimpiade zona Asia yang digelar di Jakarta pada 9–12 November 2023.

Sementara itu, Raji'ah Sallsabillah lolos ke Olimpiade 2024 usai menduduki peringkat tiga dalam klasemen akumulasi nomor speed putri Olympic Qualifier Series.

Raji'ah Sallsabillah tercatat mengumpulkan 86 poin usai jadi runner up pada seri Shanghai (45 poin) dan finis ketiga pada seri Budapest (41 poin).

Dengan hasil tersebut, Raji'ah Sallsabillah berhak lolos ke Olimpiade 2024 dan menyusul jejak Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Desak Made Rita Kusuma Dewi mengamankan tempat di Olimpiade 2024 sejak Agustus tahun lalu usai jadi kampiun Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 di Bern, Swiss.

“Ini adalah momen yang sangat spesial bagi saya. Terima kasih kepada semua yang telah memberi dukungan dan motivasi,” ujar Raji'ah Sallsabillah

Keberhasilan Veddriq Leonardo dan Raji'ah Sallsabillah mengamankan tiket Olimpiade 2024 tentu saja disambut bahagia oleh tim panjat tebing Indonesia.

Hendra Basir selaku pelatih panjat tebing Indonesia pun berharap anak didiknya itu bisa terus tampil maksimal hingga saat Olimpiade 2024 bergulir di Paris, Prancis.

“Keberhasilan Veddriq dan Rajiah adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi yang luar biasa,” tuturnya. 

“Mereka telah menunjukkan kualitas dan semangat juang yang tinggi. Kami sangat bangga dan optimistis mereka akan memberikan yang terbaik di Paris nanti.”

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, yang turut mendampingi langsung perjuangan tim panjat tebing Indonesia di Budapest pun turut bangga atas prestasi yang sudah didapatkan.

“Prestasi ini membuktikan bahwa persiapan matang dan fokus kuat dapat menghasilkan hasil yang membanggakan,” kata Yenny Wahid. 

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung Veddriq dan Rajiah dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat