sveosportu.com

Ingin Pemain Fokus Olimpiade 2024, BAM Batasi Akses Media

Bulu tangkis Malaysia

- Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) berencana untuk membatasi kesempatan awak media untuk liputan langsung ke Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM).

Sebelumnya, BAM menetapkan Selasa dan Jumat sebagai open day di mana media bisa datang ke ABM untuk liputan maupun mewawancarai pemain, pelatih, hingga pengurus.

Mulai pekan depan, jumlah open day bakal dikurangi menjadi satu hari saja yang akan dilaksanakan setiap Rabu.

Para wartawan pun harus memberi tahu Departemen Media BAM terkait siapa sosok yang ingin diwawancarai saat open day dihelat.

Manajer Departemen Media BAM, Falah Abdullah, menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil sebagai respons atas keinginan para pelatih di ABM.

Mereka ingin para pemain Malaysia yang sudah dipastikan mendapat tiket ke Olimpiade 2024 bisa fokus mempersiapkan diri.

Apalagi rangkaian kompetisi bulu tangkis Olimpiade 2024 dijadwalkab bergulir mulai 27 Juli 2024 atau kurang dari 80 hari lagi.

Setelah Olimpiade 2024 tuntas digelar, BAM pun akan mengembalikan akses open day untuk awak media menjadi dua hari sepekan.

Sementara itu, Malaysia tercatat meloloskan lima wakil untuk berkompetisi di cabang olahraga bulu tangkis Malayia.

Dari lima wakil tersebut, hanya tiga di antaranya yang melakukan persiapan di ABM mengingat status mereka sebagai pemain nasional.

Tiga wakil yang dimaksud adalah Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra), Pearly Tan/Thinaah Muralitharan  (ganda putri), dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (ganda campuran).

Sedangkan Lee Zii Jia (tunggal putra) dan Goh Jin Wei (tunggal putri) yang berstatus pemain independen mempersiapkan diri untuk Olimpiade 2024 terpisah dari ABM.

Lee Zii Jia yang keluar dari BAM dan jadi pemain independen sejak awal 2022 melakukan persiapan secara mandiri dibantu oleh manajemennya yang tergabung dalam Team LZJ.

Pada akhir Maret lalu, Team LZJ merekrut Wong Tat Meng sebagai direktur kepelatihan dengan tugas utama mempersiapkan Lee Zii Jia untuk Olimpiade 2024.

Sebelumnya, tunggal putra peringkat 10 dunia itu bisa dibilang tak punya pelatih setelah berpisah dengan Indra Wijaya sejak akhir 2022.

Hampir sama dengan Lee Zii Jia, Goh Jin Wei mundur dari BAM pada akhir 2021 dan bermain secara independen sejak 2022.

Goh Jin Wei yang saat ini menduduki ranking 32 BWF dibesut oleh pelatih asal Indonesia, Nova Armada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat