sveosportu.com

Franz Beckenbauer Akan Dibuatkan Patung di Allianz Arena

Mendiang Franz Beckenbauer meraih sukses saat menjadi pemain dan pelatih di klub maupun Timnas Jerman (Hendy Andika/Skor.id).

– Mendiang legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, akan diberikan tribute atau penghargaan khusus dengan dibuatkan patung dirinya di depan Stadion Allianz Arena, Munchen.

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Kurt Launder, sebuah yayasan pendukung klub yang mengumumkannya pada Minggu (21/4/2024).

"Der Kaiser" (Kaisar) julukan Beckenbauer, yang sukses di Piala Dunia saat berkarier sebagai pemain maupun pelatih, akan dibuatkan patung perunggu dengan pose elegan sebagai konduktor permainan.

Perwakilan Yayasan Kurt Landauer mengatakan, patung Beckenbauer akan berdiri di atas alas berbentuk belah ketupat berbendera Bavaria.

Beckenbauer, yang  kerap dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, meninggal dunia pada 7 Januari 2024 lalu di Salzburg, Austria, dalam usia 78 tahun.

Peraih Piala Dunia 1974 (sebagai pemain) dan 1990 (sebagai pelatih) itu dimakamkan di pemakaman sebelah selatan Munchen, dekat dengan tempat ia dibesarkan.

Patung Beckenbauer akan berdiri di samping patung mantan rekan setimnya dan striker Bayern Munchen, Gerd Muller, yang diresmikan pada bulan September 2023 lalu. 

Muller, yang masih memegang rekor pencetak gol Bundesliga, meninggal dunia pada Agustus 2021 dalam usia 75 tahun.

“Kapten Franz yang elegan dan temannya Gerd Muller kemudian bersama-sama akan memberikan bayangan positif pada hari ini." 

"Dan kesadaran akan sejarah besar klub kami akan diteruskan ke generasi berikutnya,” kata Christian Kroll dari Yayasan Kurt Landauer.

Yayasan tersebut juga merupakan penanggung jawab pembuatan patung Gerd Muller, yang juga didirikan di lapangan terbuka Stadion Allianz Arena

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat