sveosportu.com

Garmin Run Indonesia 2024 Libatkan Penyandang Disabilitas

garmin run 2024

- Untuk kali kedua, Garmin kembali menyelenggarakan event lari bertajuk Garmin Run di Indonesia.

Jika tahun lalu berlokasi di Uptown Park, Summarecon Mall Serpong, Tangerang, kini Garmin Run Indonesia 2024 bakal dihelat di ICE BSD pada 29 September mendatang.

Tak hanya itu, untuk pertama kalinya, Garmin Run Indonesia bakal membuka kesempatan buat para penyandang disabilitas berpartisipasi.

Ya, Garmin Run Indonesia 2024 memang mengusung semangat inklusivitas dalam event kali ini.  

Garmin percaya bahwa setiap orang, tanpa memandang latar belakang atau tingkat keahlian, harus memiliki kesempatan untuk merayakan diri sendiri, termasuk penyandang disabilitas.

Keterlibatan mereka dalam perlombaan olahraga seperti ini bisa membantu menghapuskan hambatan, serta menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk berani menantang diri.

"Tahun ini kami mengundang lebih banyak individu untuk memperluas batas kemampuan mereka dan ingin menunjukkan bahwa olahraga ini untuk semua orang bukan hanya satu golongan," ujar Marketing Communications Manager Garmin Indonesia, Rian Krisna, Senin (22/4/2024) siang.

Dengan menyediakan kesempatan bagi semua kalangan untuk bergabung dalam event ini, Garmin berharap dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendorong semangat merayakan keberagaman dan kesetaraan di dalam kecintaan pada olahraga lari.

Pesan positif ini disambut hangat oleh Johanna Caroline, seorang atlet wheelchair basketball yang berniat ikut ambil bagian dalam Garmin Run Indonesia 2024.

"Perlombaan ini bukan hanya tentang meraih medali, namun juga tentang menciptakan peluang bagi semua orang untuk bersaing secara adil dan merayakan keberagaman," kata Johanna.

"Garis finis tidak hanya menandai pencapaian pribadi tetapi juga melambangkan keberhasilan dalam mengatasi segala rintangan dan memotivasi untuk terus maju meski menghadapi tantangan," tambahnya.

Nantinya, selain kategori 5K, 10K, 21K, dan Kid Dash buat anak-anak, partisipasi peserta difabel juga akan mendapat perhatian khusus.

"Mereka nanti mendapat treatment khusus jelang start dan akan kita dampingi sehingga nanti tidak tertabrak," kata Didit Santoso, race director dari DND Sport Management. 

"Tahun ini kami juga akan menggunakan countdown LED, mudah-mudahan cukup membantu teman-teman tuna rungu yang tidak bisa mendengar aba-aba start," dia melanjutkan.

Tak hanya inklusivitas, tema 'keberlanjutan' atau sustainability juga menjadi fokus Garmin Run Indonesia 2024.

Bekerja sama dengan Rekosistem, mereka akan berupaya menjadikan event ini tak hanya inklusif tapi juga ramah lingkungan.

Rekosistem nantinya menyediakan waste dropbox di berbagai titik, serta mengedukasi peserta dalam memilah sampah yang kemudian diolah kembali.

"Rekosistem sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Garmin dalam mewujudkan Garmin Run Indonesia 2024 yang lebih berkelanjutan melalui penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan selama acara dan mengurangi limbah," ujar VP Business Development Rekosistem, Rizky Satrio.

"Event ini dapat dijadikan sebagai contoh bagi penyelenggara lainnya untuk mengadopsi praktik yang ramah dan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan," lanjutnya.

Garmin Run Indonesia 2024 disebut bakal menjaring sekitar 7.000 peserta dari berbagai kalangan, termasuk atlet nasional Agus Prayogo dan Jauhari Johan.

Penjualan tiket sudah dibuka sejak Senin (22/4/2024) untuk kategori Flash Sale, yang langsung ludes dalam sekejap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat