sveosportu.com

ASIOP Hadapi Asiana di Final Garnier Men Liga TopSkor U-17

ASIOP melaju ke final Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024 setelah berhasil mengalahkan RMD di babak semifinal. 

Pada pertandingan yang digelar di Lapangan ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (16/6/2024) pagi, ASIOP menumbangkan RMD dengan skor 2-1. 

Dalam jalannya pertandingan, ASIOP harus kehilangan satu pemain, yakni Ashari lantaran menerima kartu merah di pertengahan pada babak pertama. 

ASIOP tampak masih bisa mengimbangi permainan RMD di babak kedua meskipun mereka bermain dengan sepuluh pemain.

RMD sukses mencetak gol lebih dulu lewat Muhammad Kiki Hamdani yang berhasil meneruskan umpan silang Zidane Wahyudi pada menit ke-49. 

Tertinggal satu gol, ASIOP langsung bermain terbuka. Hasilnya, dua menit berselang, tepatnya menit ke-51 mereka berhasil mencetak gol penyama kedudukan melalui sepakan Robbi Ardiansyah. 

Pemain RMD (kiri) berusaha untuk melewati hadangan pemain ASIOP (kanan) pada partai semifinal Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024 yang digelar di ASIOP Training Ground, Sentul, 16 Juni 2024. (Nizar Galang/Liga TopSkor).
Pemain RMD (kiri) berusaha untuk melewati hadangan pemain ASIOP (kanan) pada partai semifinal Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024 yang digelar di ASIOP Training Ground, Sentul, 16 Juni 2024. (Nizar Galang/Liga TopSkor).

Pertahanan ASIOP tampak solid, para pemain RMD kerap kali gagal menembus lini belakang tim asuhan Gilang Ramadhan itu.

Enam menit menjelang laga babak kedua berakhir, pelatih ASIOP, Gilang Ramdhan melakukan rotasi dengan memasukkan Lyon Saputra dan Zahran Khairifan.

Strategi pergantian pemain itu berbuah hasil manis, ASIOP menciptakan gol lewat skema serangan balik cepat yang dicetak Zahran Khairifan seusai menerima umpan dari Lyon pada menit ke-67. 

Adapun, gol itu sekaligus mengantarkan ASIOP menuju final Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024.

“Sebenarnya ketika kami bermain dengan sepuluh pemain kami harus merombak strategi lagi, gimana kami harus sabar, dan yang kami andalkan cuma counter (attack) saja,” kata Gilang Ramadhan seusai pertandingan.

“Kami yakinin anak-anak bagaimana bermain dengan sepuluh pemain tidak ada yang tidak mungkin. Pasti masih bisa, tidak harus bermain sepuluh pemain ini tiba-tiba down, bagaimana kami memotivasi pemain agar tetap stabil dan bisa lebih berprogres lagi,” ujar Gilang Ramadhan.

“Di jeda istirahat babak pertama saya cuma beri pesan satu, tidak ada strategi atau yg lain, hanya lebih memotivasi pemain,” ungkap Gilang Ramadhan. 

Lebih dari itu, Gilang Ramadhan menjelaskan terkait strategi pergantian pemain yang memasukkan Lyon dan Zahran menjelang babak kedua berakhir.

“Sebenarnya memang kunci permainan itu ada di tengah, kalau kami tengahnya udah ada bolong, bocor di situ, serangan otomatis serangan dan pertahanan tidak akan maksimal saya ganti Zahran di gelandang ganti Xavier karena dia sudah habis,” jelas Gilang Ramadhan.

ASIOP akan berhadapan dengan Asiana di partai final Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024

Di laga semifinal, Asiana sukses menekuk Prahara dengan skor 2-0. Adapun, dua gol itu masing-masing dicetak Satria Rizki Putra pada menit ke-63 dan Rafa Irsyad Pranaja menit ke-66.

Pertandingan final Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024 yang mempertemukan Asiana vs ASIOP akan digelar di ASIOP Training Ground, pada Minggu (23/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat