sveosportu.com

Gelandang Brasil Jadi Pemain Asing Keempat PSBS Biak

Jonata Machado (PSBS Biak). (Grafis Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- PSBS Biak terus melengkapi komposisi pemain mereka untuk menatap Liga 1 2024-2025. Bisa dibilang, mereka adalah salah satu tim yang paling aktif di bursa transfer.

Teranyar, PSBS Biak kembali mengumumkan telah merekrut pemain asing keempat untuk musim depan. Adalah gelandang asal Brasil, Jonata Machado, yang menjadi rekrutan baru tim berjulukan Badai Pasifik itu.

“Dia (Jonata Machado) sudah di Jakarta,” kata Yan Permenas Mandenas, Presiden Klub PSBS Biak dalam rilis klub, Sabtu (8/6/2024).

Pemain yang bisa dimainkan di posisi gelandang bertahan dan sayap ini, memang sudah tiba di Jakarta sejak, Jumat (7/6/2024). Dia pun akan ikut pemusatan latihan tim yang rencananya akan digelar di Jakarta dalam waktu dekat.

“Kami berupaya untuk membuat daya serang PSBS lebih bervariasi dan bertenaga,” ujar Yan Permenas Mandenas.

Melihat rekam jejaknya, Jonata Machado pernah memperkuat beberapa klub Amerika Latin dan Eropa. Tercatat, dia mengawali karier di salah satu klub besar Brasil, Botafogo-SP (2018-2021). 

Kemudian, pemain kelahiran 6 Juli 1999 itu juga pernah memperkuat klub Bulgaria, Lokomotiv Sofia (2021-2022), serta sempat kembali ke Brasil dengan memperkuat Marcilio Dias (2022) dan Flamengo de Arcoverde (2022), hingga terakhir memperkuat klub Bolivia, CD Jorge Wilstermann (2023-2024).

Pada 2023, Jonata Machado ikut berperan membawa Jorge Wilstermann menempati posisi ketujuh kompetisi kasta tertinggi di Liga Bolivia.

“Jejak rekamnya bagus di sana, sehingga kami tertarik merekrutnya,” ucap Yan Permenas Mandenas.

PSBS pun memastikan belum berhenti untuk berburu pemain asing. Apalagi, pada musim depan setiap klub Liga 1 boleh merekrut maksimal delapan pemain asing, dengan dua di antaranya dari Asia.

Saat ini, mereka pun sedang bernegosiasi untuk merekrut pemain asing asal Asia.

Sebelumnya, sudah ada tiga pemain asing yang direkrut dan semuanya berasal dari Amerika Latin. Mereka adalah Julian Velazquez (Argentina), Abel Arganaraz (Argentina), dan Williams Lugo (Venezuela).

Seperti diketahui, PSBS Biak berhasil promosi ke Liga 1 2024-2025 setelah menjadi juara Liga 2 2023-2024. Mereka pun menargetkan tidak ingin sekadar numpang lewat di kompetisi kasta tertinggi Indonesia pada musim depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat