sveosportu.com

Gigi Dall’Igna Diyakini Takkan Lepas Marc Marquez

General Manager Ducati Corse Luigi 'Gigi' Dall'Igna

– Ducati berada di persimpangan jalan. Pabrikan asal Borgo Panigale, Italia, itu harus memilih antara Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), dan Marc Marquez (Gresini Racing) untuk mendampingi Francesco “Pecco” Bagnaia pada Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2025. 

Saat ini belum ada keputusan yang diambil Ducati. Namun yang jelas ketiga pembalap tersebut masing-masing memiliki alasan kuat untuk bisa masuk tim pabrikan Ducati Lenovo pada tahun depan.  

Faktanya, Gigi Dall’Igna selaku CEO Ducati Corse mengakui bahwa “kakinya gemetar” memikirkan harus memilih di antara ketiga bintang tersebut. Ini sudah jelas situasi yang sulit.

Prediksi Petrux

Yang jelas, Danilo Petrucci, pembalap Italia berusia 38 tahun yang baru pulih dari kecelakaan mengerikan saat berlatih motocross, menyampaikan pendapatnya tentang masalah yang banyak dibicarakan di paddock MotoGP.

“Saya kekurangan informasi orang dalam. Tetapi saya memiliki firasat bahwa Marc Marquez akan menjadi orang yang terpilih (mendampingi Pecco pada 2025). Saya akan merasa sangat kasihan pada Enea (Bastianini) jika itu terjadi,” ucap Petrux, sapaannya, kepada GPone.

“Tapi saya yakin bahwa Gigi Dall’Igna bukanlah tipe bos tim yang membiarkan pembalap seperti Marc Marquez lolos (pergi). Marquez bisa saja memimpin Ducati meraih kemenangan karena logikanya yang kejam dalam mengejar tujuannya.”

Meskipun tidak lagi turun penuh di MotoGP sejak akhir musim 2021, pendapat Petrucci layak dicermati. Ia pernah memperkuat Tim Pramac Racing-Ducati pada 2015 sampai 2018. Petrux lantas memperkuat tim pabrikan Ducati pada MotoGP 2019 dan 2020. 

“Dall’Igna mungkin jatuh lebih baik atau lebih buruk, tetapi dia telah menjadikan Ducati sebagai referensi di MotoGP. Mengetahui cara berpikirnya, saya pikir Dall’Igna ingin mengetahui apa yang bisa dilakukan pembalap seperti Marc Marquez dengan motornya,” kata Petrucci. 

“Mengingat Pecco sudah menjalani momen-momen yang luar biasa (termasuk juara MotoGP dua musim terakhir) dan selalu membuat perbedaan di saat-saat penting, saya tidak tahu apakah ia ingin Marc Marquez bergabung (ke tim pabrikan Ducati). 

“Mungkin aspek itu juga harus dihargai di sini, sisi kemanusiaan dalam tinju juara dan masing-masing. Seorang pembalap pasti ingin menunjukkan bahwa dirinya adalah yang terkuat. Pada lomba di Jerez, Pecco luar biasa, gila!” 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat