sveosportu.com

GIIAS 2024 Catat Rekor dengan Jumlah Peserta Terbanyak

Booth Mazda di GIIAS 2023 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

– Penyelenggaraan pameran milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali hadir untuk ke-31 kalinya.

GIIAS 2024 akan diselengarakan pada 18-28 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang. 

GIIAS 2024 menjadi capaian penting dalam catatan sejarah industri kendaraan bermotor Indonesia.

Tahun ini GIIAS kembali mencatatkan pertumbuhan, dengan penambahan luasan mencapai 120 ribu meter persegi.

GIIAS 2024 juga mencatatkan partisipasi merek kendaraan bermotor terbanyak sepanjang penyelenggaraannya. 

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengungkapkan pameran GIIAS masih memiliki ruang untuk terus berkembang. 

Menurutnya, pasar otomotif Indonesia yang sangat potensial masih terus berkembang menjadi inkubator bisnis bagi berbagai merek global kendaraan bermotor. 

Hal ini jadi alasan masuk dan berkembangnya industri kendaraan bermotor dari Eropa, Jepang, Korea dan yang terbaru masuknya merek-merek kendaraan bermotor Cina di Indonesia. 

“Industri kendaraan bermotor Indonesia terus tumbuh dengan perkembangan merata yang ditunjukkan berbagai merek kendaraan bermotor global di Indonesia.”

“Yang tidak hanya memanfaatkan pasar, namun juga berinvestasi dan membangun basis produksinya di Indonesia,” ujar Nangoi dalam konferensi pers belum lama ini di Jakarta.

“Kondisi tersebut juga membawa pengaruh positif bagi penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia, di mana GIIAS terus berkembang di tiap penyelenggaraannya.”

“Sementara, tren berbeda ditunjukkan penyelenggaraan pameran otomotif dunia,” ucap Nangoi. 

Pameran otomotif di kawasan Eropa dan Amerika menunjukkan pergeseran tren pasca-pandemi Covid-19 lalu.”

“Bahkan pameran-pameran yang telah berlangsung selama ratusan tahun mengalami penurunan secara general, baik secara skala kepesertaan, luasan, dan juga jumlah pengunjung.”

“Menjadi sebuah kebanggaan bagi Gaikindo bahwa GIIAS masih terus berkembang, dan bahkan jadi salah satu pameran otomotif terbesar dunia, di luar penyelenggaraan pameran otomotif di Cina,” ucap Nangoi.

GIIAS 2024 Tambah Catatan Capaian Pameran Gaikindo

Berbeda dengan rangkaian pameran otomotif di dunia lainnya, tahun ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa.

Hal itu karena GIIAS 2024 jadi pameran otomotif dengan luasan terbesar dan jumlah merek peserta kendaraan bermotor terbanyak sepanjang catatan penyelenggaraan pameran Gaikindo. 

GIIAS kembali memecahkan rekor, saat ini total 55 merek kendaraan bermotor telah bergabung pada penyelenggaraan ditahun ini.”

“Jumlah kepesertaan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan pameran Gaikindo sejak pertama diselenggarakan pada 1986 lalu,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo. 

GIIAS 2024 akan menghadirkan total 55 merek kendaraan bermotor dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Cina dan negara negara Eropa, termasuk 31 merek kendaraan penumpang.

Yaitu: Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling. 

Hadir pula empat merek dari kendaraan komersial yakni Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. 

Serta 20 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta, dan ZPT.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga turut memeriahkan pagelaran GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. 

Lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung juga tak mau kalah untuk memamerkan inovasi dan teknologi terbaru produk mereka dalam penyelenggaraan GIIAS 2024. 

“Dengan penambahan luasan area pameran dan antusiasme sangat luar biasa dari seluruh peserta, kami pastikan GIIAS 2024 akan hadir berbeda dari sebelumnya,” ujar Rizwan. 

“Info yang kami terima, berbagai peluncuran model kendaraan terbaru termasuk peluncuran kendaraan konsep akan berlangsung pada GIIAS 2024.”

“Oleh karena itu kami dengan bangga mengundang para pencinta otomotif untuk datang," Rizwan menuturkan.

Rangkaian pameran GIIAS 2024 The Series akan berlangsung di empat kota Pulau Jawa, diawali GIIAS Tangerang 18-28 Juli 2024 yang mengambil tempat di ICE-BSD City. 

Kemudian dilanjutkan berturut-turut penyelenggaraan GIIAS di Surabaya 28 Agustus-1 September 2024 di Grand City Convex.

Lalu di Bandung 25-29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom, dan ditutup di Semarang pada 23-27 Oktober 2024 di venue terbaru yaitu Muladi Dome Undip.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat