sveosportu.com

Giovanna Milana Cedera, JPE Ubah Komposisi Pemain Asing

Duo Asing Jakarta Pertamina Enduro

- Jelang pekan ketiga Proliga 2024, tim voli putri Jakarta Pertamina Enduro melakukan perombakan komposisi pemain asing.

Sebelumnya, Jakarta Pertamina Enduro diperkuat oleh Polina Shemanova (Rusia) dan Giovanna Milana (Amerika Serikat).

Kehadiran kedua pemain asing itu mampu membuat tim asuhan Eko Waluyo tampil solid dan tak terkalahkan di tiga laga perdana Proliga 2024.

Nama Polina Shemanova dan Giovanna Milana pun sempat nangkring dalam daftar top skor untuk sektor putri.

Sayang, momentum positif Jakarta Pertamina Enduro terputus usai menelan kekalahan perdana kala bersua Jakarta Popsivo Polwan di Semarang pada Sabtu (4/5/2024).

Dalam laga itu, Jakarta Pertamina Enduro tampil tanpa Giovanna Milana yang mengalami cedera otot paha di tengah laga kontra Jakarta Elektrik PLN dua hari sebelumnya.

Lewat sebuah video, pemain yang akrab disapa Gia itu menjelaskan situasi yang tengah dihadapinya beserta imbas terhadap perjalanannya di Proliga 2024.

“Dua laga lalu, saya terpeleset karena keringat yang menyebabkan otot paha saya tertarik dan terasa sangat nyeri setelahnya,” kata Gia.

“Klub memutuskan untuk menjaga saya dan tak memaksa saya segera kembali bermain. Mereka menilai hal itu tak aman dan bisa membuat cedera makin parah.”

“Ini bukanlah cedera serius tetapi butuh beberapa pekan bagi saya untuk kembali yang artinya saya akan melewatkan delapan hingga 10 laga.”

Melihat situasi yang ada, Jakarta Pertamina Enduro memutuskan untuk mengganti posisi Giovanna Milana dengan pemain asing baru.

Sebagai pengingat, setiap kontestan Proliga 2024 punya tiga kuota pergantian pemain (dua lokal dan satu asing) yang bisa dipakai hingga sebelum putaran kedua bergulir.

Jakarta Pertamina Enduro pun memutuskan mengganti sosok Giovanna Milana dengan Ivana Vanjak mulai pekan ketiga Proliga 2024 yang berlangsung di Palembang.

Ivana Vanjak sendiri adalah pevoli berdarah Kroasia yang tercatat pernah memperkuat timnas voli putri Jerman di berbagai ajang bergengsi.

Perempuan 28 tahun itu pun sudah bergabung dalam acara Jakarta Pertamina Enduro di Semarang. Ivana Vanjak juga telah didaftarkan secara resmi ke pihak Proliga.

Meski posisinya sudah resmi digantikan, Giovanna Milana masih akan berada di Indonesia selama beberapa pekan ke depan untuk mendapat terapi cedera dari pihak klub.

Gia juga akan membantu Hany Budiarti dan kawan-kawan menjalani proses transisi sekaligus adaptasi dengan pemain asing yang baru.   

Terakhir, Gia berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan insan voli Indonesia meski kariernya di Proliga 2024 hanya berlangsung singkat.

Perempuan 25 tahun itu pun tak menutup kemungkinan untuk kembali ke Indonesia dan beraksi di Proliga pada musim-musim yang akan datang.

“Maaf karena saya tak banyak menghabiskan waktu dengan kalian tetapi saya berjanji akan kembali dan bermain lagi di Indonesia,” katanya.

“Saya jatuh cinta dengan liga, negara, dan kultur Indonesia. Saya merasa punya keluarga di sini.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat