sveosportu.com

Atlet Indonesia dengan Followers Medsos Terbanyak

Atlet top Indonesia sekelas Pratama Arhan dan Yolla Yuliana tidak aneh jika memiliki jutaan pengikut di media sosial. (Dede Mauladi/Skor.id)

– Setiap 10 Juni, masyarakat Indonesia merayakan Hari Media Sosial (Medsos), sebuah perayaan yang telah berlangsung sejak tahun 2015.

Hari Medsos Indonesia dicetuskan oleh Handi Irawan Djuwadi, seorang pengusaha sukses pemilik Frontier Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset, pemasaran, teknologi, dan digital. 

Selain Hari Media Sosial, Handi juga merupakan inisiator beberapa hari penting dan penghargaan di Indonesia seperti Hari Pelanggan Nasional dan Top Brand Award,

Tujuan dari dicanangkannya Hari Media Sosial ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat dalam menggunakan media sosial. 

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan penggunaan media sosial di Indonesia dapat memberikan dampak positif, baik bagi individu, masyarakat, maupun para pelaku usaha. 

Bicara dampak positif bagi individu, sejumlah atlet Indonesia merasakan keuntungan dari memiliki akun media sosial. Sejak maraknya penggunaan media sosial – Instagram, TikTok, dan lain-lain – di Indonesia, atlet sudah mirip dengan artis. 

Para atlet olahraga populer di Indonesia seperti sepak bola, bulu tangkis, atau bola voli, memiliki penggemar tersendiri yang mungkin bisa dibilang fanatik.

Jika memiliki skill dan teknik plus wajah rupawan dan bentuk tubuh proporsional, sudah pasti atlet tersebut akan memiliki pengikut atu followers. Followers memanglah suatu yang sangat penting karena pasalnya dengan begitu ketika mengunggah sesuatu – foto atau film singkat terkait prestasi ataupun aksi di lapangan – pasti sangat mudah viral. 

Followers ini tidak hanya dimiliki oleh artis, selebgram, atau tiktokers saja akan tetapi para atlet juga. Lantas siapa saja atlet Indonesia dengan jumlah followers fantastis di media sosialnya? Berikut mencoba merangkumnya.    

Pratama Arhan

Lima tahun lalu, mungkin hampir tidak ada yang mengenal nama pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan. Namun kini, mantan bek kiri PSIS Semarang yang saat ini memperkuat Suwon FC di K League 1 memiliki followers di Instagram lebih dari 8 juta orang. 

Pengikut Pratama Arhan bertambah signifikan pada Agustus 2023 silam, seusai dirinya menikahi Azizah Salsha, seorang selebgram, influencer, yang juga putri politisi Partai Gerindra Andre Rosadie.

Asnawi Mangkualam

Masih dari anggota Timnas Indonesia, bek kanan Asnawi Mangkualam juga memiliki followers fantastis di Instagram, yakni lebih dari 4 juta pengikut. Kapten Timnas Indonesia itu saat ini bermain di salah satu klub Divisi Pertama Thai League, Port FC. 

Khusus Asnawi, para pengikutnya sepertinya memang cenderung melihat performa dan kemampuan sang bek sayap dibanding faktor lainnya.

Marselino Ferdinan

Gelandang serang yang kontraknya di klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze, itu juga memiliki jumlah pengikut Instagram yang fantastis, hampir 4 juta orang. Followers Marcelino Ferdinan kemungkinan besar bakal bertambah karena kabarnya ia masih akan bermain di Belgia namun ke FCV Dender, klub Divisi Pertama di negara tersebut. 

Rafael Struick

Makin pesatnya perkembangan media sosial dan kian aktifnya Generasi Z (Gen Z) berselancar di dunia maya membuat followers seorang yang dianggap berpengaruh dan menarik naik berlipat-lipat.

Lihat saja apa yang dialami Rafael Struick. Penyerang Timnas Indonesia yang dinaturalisasi pada Mei 2022 itu saat ini memiliki lebih dari 3 juta followers. Selain kemampuan tekniknya, faktor lain yang mendongkrak jumlah pengikut Struick apa lagi jika bukan wajah tampannya yang membuat kaum hawa tergila-gila. 

Selain nama-nama di atas, masih ada sejumlah pemain Timnas Indonesia dengan followers jutaan, di antaranya Egy Maulana Vikri, Justin Quincy Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho, dan masih banyak lagi. 

Meningkatnya torehan dan popularitas Timnas Indonesia dalam beberapa ajang terakhir memang sangat memengaruhi peningkatan jumlah pengikut para pemainnya  

Atlet di Luar Sepak Bola 

Tidak hanya sepak bola, sejumlah atlet maupun mantan atlet cabang olahraga lain yang populer di Indonesia juga menjadi incaran para pengikut media sosial.

Mantan pebulu tangkis ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo diketahui memiliki hampir 2,5 juta followers di akun Instagramnya. Saat berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, Kevin – yang menyatakan mundur dari bulu tangkis pada Mei 2024 lalu – diyakini sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya.

Duet Kevin-Marcus yang dijuluki The Minions mampu merebut sederet gelar bergengsi, termasuk All England Open pada 2017 dan 2018, World Superseries Finals 2017, medali emas Asian Games 2018, dan Thomas Cup 2020. 

Sementara itu, tunggal putra Jonatan Christie juga memiliki followers lebih dari 2 juta. Paras tampan dan tubuh atletis, plus prestasi segudang – di antaranya gelar All England Open 2024, emas SEA Games 2017, dan emas Asian Games 2018 – membuat Jojo memiliki penggemar yang sangat banyak, khususnya wanita.

Dari luar bulu tangkis, ada nama Yolla Yuliana. Bagi para pria penggemar olahraga bola voli, rasanya mustahil tidak mengetahui Jakarta Electric PLN. Tidak hanya cantik, wanita jangkung (tinggi 180 cm) asal Bandung, Jawa Barat, itu juga memiliki sederet torehan mentereng. 

Yolla merupakan bagian dari tim Jakarta Electric PLN yang menjuarai Proliga 2014 dan Bandung BJB Tandamata pada 2022 ajang yang sama. Ia juga tercatat sebagai pevoli Timnas Indonesia yang turun di SEA Games antara 2013 sampai 2021.

Atlet Indonesia dengan Pengikut Instagram Lebih dari 1 Juta:
Pratama Arhan (sepak bola) - 8,1 juta
Asnawi Mangkualam (sepak bola) - 4,2 juta
Marselino Ferdinan (sepak bola) - 3,9 juta
Rafael Struick (sepak bola) - 3,8 juta
Egy Maulana Vikri (sepak bola) - 3,3 juta
Justin Quincy Hubner (sepak bola), Kevin Sanjaya (mantan pebulu tangkis) - 2,4 juta
Nathan Tjoe-A-On (sepak bola) - 2,2 juta
Jonatan Christie (bulu tangkis) - 2,1 juta
Rizky Ridho, Ivar Jenner (sepak bola) - 2 juta
Ernando Ari Sutaryadi (sepak bola) - 1,9 juta
Sandy Walsh (sepak bola) - 1,8 juta
Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis), Yolla Yuliana (voli) - 1,6 juta
Jay Idzes (sepak bola) - 1,5 juta
Shayne Pattynama (sepak bola) - 1,3 juta
Ragnar Oratmangoen (sepak bola), Greysia Polii (mantan pebulu tangkis) - 1,2 juta
Thom Haye, Jordi Amat (sepak bola), Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi (voli) - 1,1 juta 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat