sveosportu.com

Harkitnas: 5 Lagu Nasional untuk Bangkitkan Semangat Timnas

Pemain Timnas Indonesia meminta agar tak membedakan pemain lokal dan keturunan. (Hendy Andika/Skor.id).

– Sejak 1959, tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Keppres Nomor 316/1959 tanggal 16 Desember 1959.

Artinya tahun ini diperingati pada Senin (20/5/2024) ini. Latar belakang Harkitnas adalah untuk memperingati peristiwa Kebangkitan Nasional Indonesia.

Momennya adalah ketika para siswa STOVIA dan Dr. Wahidin Soedirohoesodo mendirikan organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 silam.

Tujuan pendirian Budi Utomo saat itu membantu membiayai pendidikan para pemuda Indonesia yang pandai memiliki halangan biaya dalam kehidupannya.

Terkait Hari Kebangkitan Nasional, Indonesia juga memiliki lagu-lagu Nasional yang diciptakan untuk membangkitkan semangat para pahlawan dalam merebut atau mempertahankan kemerdekaan.

Hal tersebut tergambarkan dari irama dan lirik-liriknya yang rata-rata berisi pesan-pesan semangat perjuangan.

Untuk masa sekarang, sebenarnya lirik-lirik dan irama tersebut cocok untuk dinyanyikan dalam momen olahraga, termasuk ketika Timnas sepak bola Indonesia sedang berlaga.

Mumpung sebentar lagi Skuad Garuda akan tampil pada kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjamu Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno.  

Berikut ini adalah lima lagu nasional yang bisa dinyanyikan para suporter Skuat Garuda ketika timnas bermain:

1. Maju Tak Gentar (Ciptaan C. Simanjuntak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat