sveosportu.com

Belanda vs Inggris: The Three Lions Tantang Spanyol di Final

Laga Belanda vs Inggris di semfinal Euro 2024. (Hendy Andika/Skor.id).

- Berikut ini hasil pertandingan semifinal Euro 2024 (Piala Eropa 2024) yang mempertemukan antara Belanda vs Inggris.

Pertemuan antara Belanda vs Inggris pada laga semifinal Euro 2024 dilangsungkan di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (11/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Inggris secara dramatis berhasil mengalahkan Belanda pada pertandingan kali ini dengan skor tipis 2-1.

Gol Harry Kane  (18'-pen) dan Ollie Watkins (90'+1) menentukan kemenangan The Three Lions yang sempat kebobolan lewan Xavi Simons (7').

Hasil ini membuat Inggris memastikan diri melaju ke final Euro 2024, dan akan berhadapan dengan Spanyol.

Bart Verbruggen kembali diturunkan Ronald Koeman sebagai penjaga gawang Belanda, dikawal Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, dan Nathan Ake.

Duo Jerdy Schouten dan Tijjani Reijnders mendapat peran sebagai penyeimbang antara lini depan dan lini belakang Belanda.

Memphis Depay diplot sebagai ujung tombak, didukung Donyell Malen, Xavi Simons, dan Cody Gakpo.

Sementara itu di kubu Inggris, Gareth Southgate menurunkan trio Phil Foden, Harry Kane, dan Jude Bellingham di barisan depan.

Bukayo Saka dan Kieran Trippier menjadi bek sayap sedangkan Kobbie Mainoo dan Declan Rice mengisi lini tengah.

Jordan Pickford masih diandalkan di posisi penjaga gawang, Kyle Walker, John Stones, dan Marc Guehi mengisi lini belakang.

Pada laga ini, Inggris dikejutkan melalui gol indah Xavi Simons di menit ketujuh, memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan The Three Lions.

Xavi Simons (21 tahun, 80 hari) menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol untuk Tim Oranje di ajang Euro setelah Patrick Kluivert (18 tahun 353 hari), juga saat melawan Inggris.

Gol ini juga menjadi gol terawal yang dicetak di semifinal Euro, setelah Alan Shearer pada menit ketiga, ketika melawan Jerman di Euro 1996.

Namun, Inggris membalas melalui Harry Kane yang sukses mengeksekusi penalti di menit ke-18, setelah ia dilanggar Denzel Dumfries di area terlarang.

Harry Kane kini menjadi top skorer fase gugur Euro dengan total enam gol, termasuk dengan torehannya ke gawang Tim Oranje kali ini.

Phil Foden sempat menciptakan dua peluang emas, termasuk tendangannya di menit ke-32 yang mengenai tiang gawang Belanda, skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Inggris dan Belanda juga masih saling menekan, beberapa peluang diciptakan lini depan Belanda.

Namun, pada menit 90'+1, Ollie Watkins menjadi pahlawan Inggris setelah meneruskan umpan Cole Palmer.

Gol Ollie Watkins ini membuat Inggris berhak melaju ke laga final Euro 2024 melawan Spanyol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat