sveosportu.com

Belanda vs Turki: Tim Oranje Melaju ke Semifinal Euro 2024

Fakta menarik dari laga perempat final Belanda vs Turki di Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

- Berikut ini hasil pertandingan perempat final Euro 2024 (Piala Eropa 2024), yang mempertemukan antara Belanda vs Turki.

Laga antara Belanda vs Turki pada babak perempat final Euro 2024 ini dilangsungkan di Olympiastadium, Berlin, Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Belanda berhasil memastikan langkah mereka ke babak semifinal Euro 2024, setelah meraih kemenangan 2-1 atas Turki.

Gol Stefan de Vrij (70') dan gol bunuh diri Mert Muldur (76') membuat Tim Oranje membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu melalui Samet Akaydin (35').

Hasil ini membuat Belanda berhak melaju ke semifinal, dan akan berhadapan dengan Inggris, yang sukses menaklukan Swiss di laga lain.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, kembali mengandalkan Memphis Depay sebagai ujung tombak, ia ditemani Steven Bergwijn, Xavi Simons, dan Cody Gakpo di lini serang.

Duet Tijjani Reijnders dan Jerdy Schouten bertugas menjadi penyeimbang antara barisan depan dengan pemain lini belakang.

Laga Belanda vs Turki menampilkan dua kapten, Virgil van Dijk (Kiri) dan Hakan Calhanoglu. (Yusuf/).
Laga Belanda vs Turki menampilkan dua kapten, Virgil van Dijk (Kiri) dan Hakan Calhanoglu, Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB. (Yusuf/).

Posisi penjaga gawang masih dipercayakan kepada Bart Verbruggen, yang dikawal Denzel Dumfries, Stevan de Vrij, Virgil van Dijk, dan Nathan Ake.

Memphis Depay langsung menciptakan peluang di menit keenam yang masih bisa diantisipasi pertahanan Turki, sementara itu peluang dari Cody Gakpo gagal karena offside.

Hakan Calhanoglu coba melakukan tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-21 setelah bekerja sama dengan Kaan Ayhan, tetapi masih berhasil diblok.

Turki membuka keunggulan pada menit ke-35, setelah Samet Akaydin berhasil menanduk bola umpan Arda Guler. Hingga babak pertama berakhir Tim Oranje gagal menyamakan kedudukan.

Gol ini membuat Belanda untuk pertama kali kebobolan lebih dulu pada tiga laga berbeda di turnamen besar, sejak Piala Dunia 1994.

Pada babak kedua Belanda masih berusaha untuk menyamakan kedudukan, setelah tertinggal di babak pertama.

Baru di menit ke-70, Stefan de Vrij berhasil memanfaatkan bola dari Memphis Depay, yang membuat skor sementara menjadi imbang 1-1.

Belanda akhirnya berbalik unggul menjadi 2-1, ketika pada menit ke-76 Mert Muldur melakukan gol bunuh diri saat coba menghalau bola.

Laga berjalan sengit, Turki terus mencoba menekan, Bart Verbruggen tampil gemilang begitu juga barusan belakang Tim Oranje yang beberapa kali melakukan penyelamatan.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Belanda atas Turki tidak berubah, Tim Oranje berhak melaju ke semifinal Euro 2024, dan akan melawan Inggris.

Bagi yang ingin ngobrol langsung tentang Euro 2024 Belanda vs Turki, dini hari nanti, langsung aja join ke Live Room Stadeo, dengan hostnya Jordanmasien dan Hendi. Live Room akan mulai pada Minggu (7/7/2024) jam 01.30 WIB, jangan sampai ketinggalan ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat