sveosportu.com

Hasil Belgia vs Slovakia: Dua Gol Romelu Lukaku Dianulir

Para pemain Slovakia merayakan gol yang dicetak Ivan Schranz (no. 26) saat melawan Belgia di Grup E Euro 2024, Senin (17/6/2024). (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Hasil di luar dugaan terjadi pada pertandingan perdana Belgia dan Slovakia di Grup E Euro 2024 yang berlangsung di Stadion Frankfurt Arena, Jerman, Senin (17/6/2024) malam. 

Belgia, tim peringkat ketiga dunia dan salah satu favorit juara, kalah di tangan Slovakia yang berada 45 tingkat di bawahnya dengan skor 0-1. Permainan yang terorganisasi Slovakia di semua area serta kecerobohan dan sulitnya Belgia menembus pertahanan lawan menjadi gambaran laga ini.  

Bencana bagi De Rode Duivels (Setan Merah) – julukan Belgia – datang pada menit ke-7 babak pertama. Dalam sebuah serangan Slovakia, gelandang Juraj Kucka melepaskan tembakan keras namun masih mampu ditahan kiper Koen Casteels. 

Namun, bola muntah berhasil ditendang ke tiang jauh oleh penyerang Slovakia Ivan Schranz dari sisi kanan gawang. Skor 1-0 tidak berubah sampai wasit asal Turki Umut Meler meniup peluit panjang di babak kedua. 

Belgia sejatinya bukan tanpa perlawanan. Sejumlah peluang emas berhasil diciptakan Kevin De Bruyne dan kawan-kawan. Di babak pertama saja, Lukaku memiliki tiga peluang bersih.  

Tidak sampai di situ, drama juga mewarnai laga Belgia kontra Slovakia ini. Pada menit ke-56 babak kedua, Lukaku mencetak gol hasil umpan sundulan Amadou Onana yang berawal dari tendangan sudut Kevin De Bruyne. 

Namun, usai pemeriksaan VAR, striker AS Roma itu ternyata sudah lebih dulu dalam posisi offside. Alhasil, wasit pun membatalkan gol tersebut. 

Insiden kedua terjadi sekira 30 menit kemudian. Winger pengganti Lois Openda memenangi duel di sektor kanan pertahanan Slovakia. Ia lalu melepas umpan silang ke Lukaku yang dengan mudah melesakkan bola ke gawang Slovakia. 

Namun, wasit Umut Meler kembali menganulir gol Lukaku. Setelah melihat VAR, ternyata Openda sempat handball saat berduel dengan pemain Slovakia sebelum melepas crossing.  

Unggul segalanya di statistik, di antaranya: persentase penguasaan bola (56% berbanding 44%), percobaan gol (15:10), dan peluang tepat target (5:4), tidak mampu membuat Belgia mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam 15 laga terakhirnya (menang 10, imbang 5) sejak kalah dari Maroko pada Piala Dunia 2022. 

Kekalahan Belgia membuat mereka kini menghuni peringkat ketiga klasemen Grup E Euro 2024 dan hanya unggul selisih kemasukan dengan Ukraina yang pada laga sebelumnya takluk 0-3 dari Rumania yang memimpin dengan tiga poin, sama dengan Slovakia. 

Berikutnya, seluruh tim di Grup E akan menjalani laga kedua pada waktu yang sama, 21 Juni 2024. Slovakia akan menghadapi Ukraina di Dusseldorf sedangkan Belgia menantang Rumania di Cologne.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat