sveosportu.com

Hasil SEABA U-18 Women’s 2024 Jadi Bahan Evaluasi Indonesia

Ilustrasi Basket. (Hendy AS/Skor.id)

– Perjuangan tim basket putri Indonesia dalam ajang SEABA U-18 Women’s 2024 yang berlangsung di Ratchaburi, Thailand telah berakhir. 

Hasilnya, Nathania Nicole Sasongko dan kawan-kawan mengemas satu kemenangan dan dua kali kekalahan dari tiga pertandingan yang dilakoni di SEABA U-18 Women's 2024. 

Srikandi Merah Putih mengawali perjuangan pada Jumat (24/5/2024) dengan mengalahkan Malaysia dengan skor 57-46.

Keesokan harinya, Indonesia nyaris meraih kemenangan kala jumpa Thailand sebelum akhirnya kalah dengan skor tipis 65-66.

Pada laga pamungkas yang digelar Minggu (26/5/2024), tim asuhan Bambang Asdianto Pribadi itu kalah telak 37-73 kontra Filipina.

Dengan hasil tersebut, finis ketiga dalam ajang SEABA U-18 Women's 2024 yang diikuti oleh empat tim Asia Tenggara.

Filipina finis pertama dengan catatan sempurna tiga kemenangan diikuti Thailand dengan rekor dua menang-satu kalah. Sedangkan Malaysia di posisi buncit tanpa kemenangan.

General Manager Timnas Basket U-18 Putri, Dedy Setiawan, mengatakan banyak pelajaran yang diambil saat bertanding di Ratchaburi. 

Tim pelatih juga mendapatkan catatan dari perkembangan pemain di tiga pertandingan yang telah dijalani.

“Masing-masing anak berbeda grafiknya, ada yang naik dan turun. Hal ini jadi pertimbangan pemilihan pemain untuk FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024,” ujarnya

Dedy Setiawan menyebut SEABA U-18 Women’s 2024 memang dimanfaatkan pihaknya untuk menambah jam terbang pemain Timnas Basket U-18 Putri. 

Hal ini bertujuan agar Indonesia mendapatkan komposisi ideal untuk menghadapi event yang lebih bergengsi, yakni FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024.

Tahun ini, FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 akan berlangsung di Senzhen, Cina, pada 24–30 Juni mendatang.

Indonesia sendiri sudah dipastikan jadi kontestan kejuaraan tersebut dan akan tergabung dalam Grup B bersama Jepang, Selandia Baru, dan tuan rumah Cina.

Sedangkan Grup A diisi oleh tim basket muda Australia, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Lebih lanjut, Dedy mengatakan tim yang saat ini sudah terbentuk tak akan dibubarkan. Para pemain selanjutnya kembali melanjutkan pemusatan latihan di Bali.

TC dilakukan untuk mempersiapkan dan membentuk tim yang lebih kuat lagi di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024.

“Kami langsung TC di Bali sepulang dari Thailand. Jadi tim langsung menuju Denpasar dari Thailand,” Dedy memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat