sveosportu.com

Kualifikasi F1 GP Inggris 2024: Duo Mercedes Front Row

George Russell dan Lewis Hamilton

– Pembalap tuan rumah sukses unjuk gigi dalam sesi kualifikasi Formula 1 Grand Prix Inggris 2024. George Russell sukses meraih pole position, sementara Lewis Hamilton dan Lando Norris masuk Top 3.

Russell meraih pole berkat waktu lap terbaik pada Kualifikasi 3 (Q3), 1 menit 25,819 detik, di Silverstone, Sabtu (6/7/2024). Pilot jet darat Mercedes ini unggul 0,171 detik atas rekan setimnya, Hamilton. 

Perebutan pole position yang menegangkan akhirnya berujung pada duel antara dua pembalap Mercedes. Hamilton sempat mencatatkan 1:25,990 untuk memimpin leaderboard. Namun Russell segera merespons.

Pria 26 tahun mampu membukukan waktu putaran yang lebih cepat 0,171 detik dari tujuh kali juara dunia Formula 1 untuk memastikan pole GP Inggris perdana dalam kariernya.

Bagi George Russell, ini juga adalah pole position keduanya pada F1 musim 2024 atau yang ketiga dalam kariernya. Sebelum GP Inggris, ia mengeklaim grid start terdepan di Kanada dan yang pertama diraih di GP Hungaria 2022. 

“Sungguh perasaan yang luar biasa, di awal tahun kami tidak akan pernah berani memimpikannya. Mobil kini terasa sangat nyaman, benar-benar luar biasa bagaimana itu menjadi hidup di kualifikasi,” kata Russell.

“Dan fakta bahwa tiga pembalap Inggris akan memulai dari tiga posisi terdepan di sini, di grid (Silverstone) adalah sesuatu yang hebat. Saya tidak sabar untuk menanti balapan besok,” imbuhnya.

Sementara itu, Lewis Hamilton mengaku dirinya dan Mercedes tidak mengira bakal mampu mengunci dua posisi start terdepan di Silverstone. Menurutnya, ini hal besar dalam upaya kembali ke jalur kemenangan.

“Saya sangat senang. Selamat kepada George (Russell), tetapi memiliki dua mobil (Mercedes) di barisan depan (front row) adalah bukti besar untuk seluruh anggota tim,” Hamilton menuturkan.

“Sebelum akhir pekan, saya tidak pernah berpikir kami akan mampu menempatkan dua mobil di depan. Mobilnya terasa sangat nyaman. Russell dan saya start di depan, jadi kami punya kans bagus,” tambahnya.

Pada sisi lain Lando Norris harus puas menyelesaikan kualifikasi di urutan ketiga. Bintang McLaren tersebut merasa punya peluang untuk meraih pole position, hanya saja gagal karena kesalahannya.

“Saya sebenarnya berpikir punya kans bagus untuk merebut pole di sini, apalagi usai mencatatkan waktu tercepat di Q2. Namun pada akhirnya itu belum cukup,” ujar Norris.

“Tetapi saya tidak boleh terlalu kecewa dengan posisi ketiga ini. Tiga pembalap Inggris dalam kualifikasi di Silverstone dalam tiga posisi terdepan. Betapa kerennya itu, bukan?”

Dengan tiga jagoan tuan rumah akan memulai balapan GP Inggris 2024 dari tiga posisi terdepan. Terakhir kali itu terjadi pada musim 1968 di GP Afrika Selatan. Kala itu, Jim Clark, Graham Hill, dan Jackie Stewart start dari Top 3. 

Juara bertahan F1 sekaligus bintang Red Bull Racing, Max Verstappen, bakal start dari baris kedua (second row) setelah menyelesaikan kualifikasi di urutan keempat, terpaut sekitar 0,3 detik dari George Russell.

Sedangkan pembalap Ferrari Charles Leclerc mesti memulai balapan GP Inggris dari luar Top 10, tepatnya grid ke-11 setelah gagal lolos ke Q3. Tentu ini sama sekali bukan posisi yang ideal untuk mengawali race.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat