sveosportu.com

Kualifikasi F1 GP Monako: Leclerc Putus Rekor Verstappen

Charles Leclerc dan Max Verstappen

Charles Leclerc benar-benar on fire dalam Formula 1 Grand Prix Monako 2024 sejauh ini. Setelah menguasai sesi latihan Jumat kemarin, pembalap Scuderia Ferrari sukses meraih pole position.

Dalam kualifikasi F1 GP Monako di kampung halamannya, Monte Carlo, Sabtu (25/5/2024), Leclerc sukses mencatatkan waktu lap terbaik yakni 1 menit 10,270 detik.  

Jagoan lokal tersebut unggul atas pilot jet darat muda McLaren Oscar Piastri, yang finis kedua, dengan gap 0,154 detik. Posisi ketiga ditempati rekan setim Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz Jr. (1:10,518). 

Melengkapi Top 5 kualifikasi F1 GP Monako 2024 adalah dua pembalap Inggris, Lando Norris (McLaren) di urutan empat, terpaut 0,272 detik dari Leclerc, dan George Russell (Mercedes), yang tertinggal 0,273 detik. 

Sementara itu, GP Monako menjadi mimpi buruk bagi Red Bull Racing. Setelah kesulitan gara-gara masalah bouncing mobil, tak satu pun pembalap mereka menembus lima besar untuk kali pertama di F1 2024.

Max Verstappen, yang selalu menyabet pole position dalam tujuh GP sebelumnya musim ini, cuma mampu menyelesaikan kualifikasi di posisi keenam. Catatan waktu lap terbaiknya berjarak 0,297 detik dari Leclerc.

Rekan setim Super Max di Red Bull, Sergio Perez, lebih buruk lagi. Pilot jet darat asal Meksiko ini terhenti di sesi pertama kualifikasi (Q1) dan akan memulai race GP Monako besok dari urutan ke-18.  

Dengan hasil kualifikasi F1 GP Monako 2024, Charles Leclerc memutus rekor pole Verstappen. Sebelumnya dalam GP Emilia Romagna di Imola pekan lalu, bintang Red Bull itu menyamai milestone Ayrton Senna.

Legenda F1 tersebut membukukan delapan pole beruntun pada periode 1988-1989. Setelah lebih dari tiga dekade, Super Max melakukan hal yang sama, mengamankan grid terdepan sejak GP terakhir musim 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat