sveosportu.com

Kualifikasi MotoGP Catalunya: Espargaro Pole, Marquez P14

Pemenang MotoGP Inggris 2023, Aleix Espargaro, ternyata punya banyak hobi lain. (M. Yusuf/Skor.id)

Aleix Espargaro melanjutkan performa impresifnya di MotoGP Catalunya 2024. Setelah menjadi yang tercepat pada latihan hari pertama, ia sukses merebut pole position

Pembalap Aprilia Racing tersebut mendapatkannya usai mencetak waktu lap terbaik dalam Kualifikasi (Q). Espargaro membukukan 1 menit 38,190 detik, yang menjadi rekor baru di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol.

Ia mengalahkan juara dunia bertahan, Francesco Bagnaia, secara dramatis dalam perebutan pole. Aleix Espargaro, yang pada Kamis mengumumkan bakal pensiun akhir musim 2024, hanya unggul 0,031 detik.

Bagnaia sepertinya akan mengeklaim pole saat menunjukkan kecepatan terbaik di pengujung Kualifikasi 2 (Q2). Namun, flying lap terakhir luar biasa Espargaro berhasil mematahkan waktu lap rider Ducati Lenovo Team, 1:38,221.     

Pecco, sapaan akrab Francesco Bagnaia, harus puas finis runner up. Mendampingi Espargaro serta sang juara bertahan di front row Grand Prix Catalunya adalah Raul Fernandez yang menyelesaikan Q2 ketiga.

Rider Trackhouse Racing, tim satelit Aprilia, mencatatkan waktu lap di angka 1:38,261 atau 0,071 detik dari Espargaro. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Pedro Acosta (GasGas Tech3) melengkapi Top 5.

Sebelumnya, waktu lap terbaik Fernandez sempat dibatalkan akibat situasi yellow flag. Tetapi Race Direction kemudian mengonfirmasi bahwa putarannya tersebut dipulihkan. Dengan demikian, ia finis P3.

“Pecco menetapkan standar yang sangat tinggi pada start pertamanya, saya membuat beberapa kesalahan pada upaya kedua, saya ingin melaju terlalu cepat dan akibatnya tergelincir di mana-mana. Tidak terpikir akan mencapai pole,” ujar Espargaro usai kualifikasi.

“Tetapi di lap kedua, itu adalah yang terbaik dalam hidup saya, mencatatkan waktu 1:38,1 dengan ban yang sudah sedikit aus sungguh luar biasa. (Balapan) tidak akan mudah, namun kami tak boleh kehilangan fokus sebab Anda harus selalu siap untuk bertarung.”

Sementara itu, pemimpin klasemen MotoGP 2024 Jorge Martin bakal memulai sprint dan balapan grand prix GP Catalunya dari P7. Bintang Pramac Racing tak bisa meraih posisi lebih baik akibat crash di Turn 2.

Pada sisi lain, pembalap Gresini Racing Marc Marquez mendapatkan hasil kualifikasi yang tidak ideal. Gagal lolos ke Q2, juara dunia enam kali kelas MotoGP ini mesti start dari urutan ke-14.      

Setelah kualifikasi, para pembalap akan mempersiapkan diri untuk menjalani sprint atau balapan singkat 12 lap. Sesi ini dijadwalkan mulai berlangsung pukul 20.00 WIB.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat