sveosportu.com

Hasil Kualifikasi Sprint F1 GP Cina 2024: Norris Klaim Pole

Lando Norris

– Pembalap McLaren Lando Norris sukses merebut pole position untuk sprint Formula 1 Grand Prix Cina 2024, mengungguli dua juara dunia, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso di Shanghai. 

Norris menjadi yang tercepat dalam kualifikasi sprint F1 GP Cina di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (19/4/2024) sore. Ia mencatatkan waktu lap terbaik, yakni 1 menit 57,940 detik.

Torehannya pada dua lap terakhir itu sempat dihapus akibat dinilai melanggar track limit di Tikungan 16. Namun akhirnya dipulihkan karena tidak terpatahkan selama sesi yang basah dan licin akibat hujan dan memicu banyak kesalahan di trek. 

Lap Norris tersebut juga dianggap melewati track limit, sebab ia diduga keluar lintasan di tikugan terakhir pada putaran sebelumnya. Namun sang pembalap bisa mengembalikan waktu meski sempat dibatalkan. 

Setelah kualifikasi, Lando Norris menjelaskan dirinya harus terus melaju meski kondisi trek berbahaya, karena suhu ban sangat krusial untuk mendapat hasil bagus di Sirkuit Shanghai yang baru diaspal ulang.

“Itu sulit. Anda selalu gugup menghadapi sesi seperti ini, terutama untuk kualifikasi saat Anda tahu akan turun hujan.  Saya tahu saya cukup senang dengan keadaan (trek) kering. Saya kira kami punya kecepatan yang baik sejauh ini,” kata Norris.

“Jadi, saya agak gugup, tetapi kondisinya adalah Anda harus ambil banyak risiko, Anda harus mendorong, meningkatkan suhu ban, dan lainnya. Sayang itu bukanlah kualifikasi yang ideal, tetapi cukup bagus. Jadi saya senang,” ia menambahkan.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat