sveosportu.com

Hasil Lisensi Klub Indonesia dari Musim 2023-2024

Komite Lisensi Klub PSSI atau PSSI Club Licensing Committee.

- Komite Lisensi Klub PSSI atau PSSI Club Licensing Committee telah mengadakan rapat di Jakarta pada Rabu (15/5/2024).

Rapat dilakukan untuk memutuskan hasil lisensi klub musim 2023-2024 dan dipimpin langsung Ketua Komite Lisensi PSSI, Timmy Setiawan.

Pertemuan itu juga dihadiri anggota Komite Lisensi PSSI yakni Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja.

PSSI Club Licensing Department dalam laporannya, terdapat 18 klub Liga 1 dan 23 klub Liga 2 apply untuk mengikuti musim lisensi 2023-2024 pada pertengahan tahun lalu.

Namun dalam prosesnya, hanya 9 klub Liga 2 memenuhi dokumen untuk masuk ke sistem Club Licensing Administration System (CLAS).

PSSI Club Licensing Department selama cycle 2023-2024 telah mengadakan tiga kali seminar atau workshop yaitu sekali di Surabaya dan dua Jakarta.

Di Surabaya terdapat ⁠Club Licensing Educational Programme dengan tema Security Officer Workshop pada tanggal 6 sampai 8 September 2023.

Sedangkan di Jakarta ada⁠ ⁠Club Licensing Annual Seminar, dan⁠ ⁠Club Licensing Eduational Programme dengan tema Player Status pada 11-13 Desember 2023.

Selain itu, PSSI Club Licensing Department juga aktif memberikan asistensi kepada klub-klub dalam pemenuhan sebagaimana tujuan dari adanya lisensi klub.

"Pertama, Komite berterima kasih untuk Club Licensing Department yang telah menyelesaikan musim lisensi 2023-2024 dengan sangat baik," kata Timmy Setiawan.

"Memberikan edukasi dalam bentuk asistensi ke klub, baik kunjungan dan online, bahkan seminar atau workshop. Kedua, komite berterima kasih kepada klub-klub yang telah berupaya untuk memenuhi kriteria yang ada."

"Ketiga, secara kolektif kolegial, komite telah memutuskan hasil lisensi klub musim 2023-2024 yang hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif PSSI," ia memungkasi.

Adapun dari hasil rapat Komite Lisensi Klub PSSI tersebut, hanya ada tiga tim yang memenuhi kriteria Asia, tepatnya regulasi Liga Champions Asia 2 atau AFC Champions League 2.

Mereka adalah Bali United, Borneo FC, dan Persik Kediri. Namun, ada empat klub yang bisa meyusul yaitu Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

Untuk keputusan rapat Komite Lisensi Klub PSSI musim 2023-2024, klub dipersilahkan mengajukan banding sampai 23 Mei 2024.

Sebab PSSI Club Licensing Department akan memberikan laporan terkait hasil lisensi klub Indonesia kepada AFC pada 30 Mei 2024.

Hasil Rapat Komite Lisensi Klub PSSI

Regulasi AFC Champions League 2:
Granted: Bali United, Borneo FC, Persik Kediri
Granted with Sanction: Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta

Regulasi AFC Challenge League:
Granted : Bali United, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri, Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 1:
Granted : Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang, Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 2:
Granted with Sanction : Deltras FC

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat