sveosportu.com

Gol Penalti Bawa Madura United Ungguli Borneo FC

Madura United vs Borneo FC di semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024 pada 15 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Madura United berhasil menuai kemenangan atas Borneo FC pada leg pertama semifinal Liga 1 2023-2024 dalam rangkaian Championship Series.

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Rabu (15/5/2024) malam WIB, itu Madura United menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Madura United dicetak melalui tendangan penalti Hugo Gomes pada menit ke-77.

Hasil ini menjadi modal positif Madura United untuk menjalani leg kedua di markas tim Pesut Etam, julukan Borneo FC. Leg kedua akan digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, 19 Mei nanti. 

Babak Pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, Madura United langsung tampil agresif.

Riyatno Abiyoso mendapatkan peluang emas setelah menerima umpan terobosan dari lini tengah. Sayang, meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Borneo FC, Angga Saputro, Riyatno gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol.

Tekanan demi tekanan terus dilakukan Madura United, dengan serangan dari sisi sayap yang diakhiri dengan umpan silang menjadi salah satu andalan. Namun lini pertahanan Borneo masih cukup solid.

Borneo FC juga beberapa kali mencoba memberikan tekanan ke lini pertahanan Madura United. Tapi upaya mereka masih bisa diredam dengan baik oleh para pemain Laskar Sapeh Kerrab, julukan Madura United.

Bahkan, tidak ada dalam upaya serangan yang dilakukan Borneo FC tersebut diakhiri dengan tembakan ke arah gawang.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih imbang tanpa gol untuk kedua tim.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Borneo FC melakukan dua pergantian pemain dengan memasukkan Wiljan Pluim dan Hendro Siswanto untuk menggantikan Muhammad Sihran dan Stefano Lilipaly.

Permainan Borneo FC pun mengalami perubahan. Mereka tampil lebih agresif dan mampu memberikan beberapa kali ancaman ke gawang Madura United pada lima menit awal pertandingan.

Madura United pun terlihat kesulitan untuk bisa memberikan ancaman ke gawang Borneo FC.

Peluang kembali didapatkan oleh Borneo FC melalui sepakan Adam Alis. Namun berhasil diantisipasi Lucas Frigeri.

Hingga akhirnya, Madura United berhasil mendapatkan penalti, setelah M. Riski Afrisal dilanggar Taufany Muslihuddin.

Hugo Gomes alias Jaja yang menjadi eksekutor berhasil mengeksekusi tendangan penalti tersebut menjadi gol, untuk membuat Madura United unggul 1-0 pada menit ke-77.

Unggul satu gol, menambah kepercayaan diri para pemain Madura United. Mereka pun kembali mendapatkan peluang melalui Dalberto Luan Belo. Sayang, kali ini tendangannya berhasil diblok Angga Saputro.

Di sisa waktu yang ada, Borneo FC melakukan beberapa pergantian pemain. Serangan pun terus mereka lakukan ke area pertahanan tim tuan rumah.

Tapi hingga babak kedua berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Madura United.

Susunan Pemain Utama

Madura United: 1-Lucas Frigeri; 76-Dodi Alkvan Djin, 4-Cleberson, 19-Fachruddin Aryanto, 33-Koko Ari Araya; 7-Francisco Rivera, 8-Hugo Gomes, 5-Jacob Mahler; 25-Riski Afrisal, 21-Riyatno Abiyoso, 94-Dalberto Luan Belo

Pelatih: Rakhmat Basuki

Borneo FC: 1-Angga Saputro; 56-M. Fajar Fathur Rahman, 54-M. Alfharezzi Buffon, 6-Silverio, 15-Leo Guntara; 19-Adam Alis, 8-Kei Hirose, 28-Terens Puhiri; 90-M. Sihran, 14-Stefano Lilipaly, 91-Felipe Cadenazzi

Pelatih: Pieter Huistra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat