sveosportu.com

Hasil Drawing ASEAN Cup 2024: Timnas Indonesia Jumpa Vietnam

Piala AFF 2024 atau ASEAN Cup 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Timnas Indonesia dipastikan masuk dalam Grup B Piala AFF 2024 atau ASEAN Cup 2024, Selasa (21/5/2024) siang.

Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) telah melakukan pembagian grup atau drawing untuk ASEAN Cup 2024 di Hanoi, Vietnam.

Hasilnya, Timnas Indonesia yang semula dari Pot 2 masuk ke dalam Grup B dan harus bersaing dengan tim kuat lainnya yakni Vietnam.

Selain itu untuk tiga peserta lainnya yang juga akan dihadapi tim asuhan Shin Tae-yong adalah Timnas Filipina, Myanmar, dan Laos.

Sementara itu Grup A diisi Timnas Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang play-off; Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Adapun turnmaen yang semula bernama Piala AFF ini dijadwalkan bergulir pada akhir tahun; 23 November hingga 21 Desember 2024.

Formatnya kembali seperti sebelum dua edisi terakhir, yaitu laga dihelat di kandang dan tandang, alih-alih terpusat dengan satu tuan rumah.

Turnamen digelar dengan format round robin dengan setiap tim akan memainkan dua pertandingan kandang dan dua lainnya tandang.

Dua tim posisi teratas fase grup lolos ke semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B dan juara Grup B vs runner-up Grup A.

Untuk semifinal hingga final ASEAN Cup 2024, akan dimainkan dengan sistem dua leg atau setiap tim bermain di kandang dan tandang.

Timnas Indonesia belum pernah menjuarai turnamen ini, baik ketika bernama Piala Tiger maupun Piala AFF. Prestasi terbaiknya runner-up.

Bahkan pasukan Garuda mencatatkan rekor sebagai tim paling banyak menjadi peringkat kedua, yaitu enam kali; edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

ASEAN Cup 2024 bisa menjadi momen meraih trofi perdana jika melihat peningkata Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong.

Namun Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sempat mengatakan bahwa Piala AFF bukan lagi prioritas, melainkan sekedar ajang trial pemain.

Hasil Drawing Piala AFF 2024 atau ASEAN Cup 2024:

Grup A

Thailand
Malaysia
Singapura
Kamboja
Brunei Darussalam/Timor Leste

Grup B

Vietnam
Indonesia
Filipina
Myanmar
Laos

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat