sveosportu.com

Hasil Polandia vs Austria: Das Team Jaga Asa ke 16 Besar

Kapten Timnas Austria Marko Arnautovic (kanan) merayakan gol ketiga timnya ke gawang Polandia pada laga Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Jumat (21/6/2024) malam. (Jovi Arnanda/Skor.id)

– Pertandingan sengit terjadi pada laga kedua Grup D Euro 2024 antara Polandia dan Austria. Sama-sama kalah di laga pertama, kedua tim langsung tampil menekan pada pertandingan yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Jumat (21/6/2024) malam. 

Saat laga memasuki menit kesembilan, tekanan awal Austria akhirnya terbayar lewat gol yang dicetak bek Gernot Trauner, yang sekaligus menjadi gol pertama Das Team di Euro 2024 ini. 

Di satu momen, Polandia gagal menyapu bersih bola dan bek sayap Philipp Mwene mendapat peluang lain untuk memberikan umpan silang dari kiri, yang lalu disambar sundulan bek Feyenoord ke tiang dekat untuk menjadi gol keduanya dalam penampilan internasionalnya yang ke-13.

Trauner menjadi pemain Austria kedelapan yang mencetak gol di Euro. Sampai gol Trauner itu, tidak ada pemain Das Team yang mencetak gol lebih dari satu kali. 

Di 10 sampai 15 menit awal, Austria memang menerapkan permainan menekan dan terbukti gol yang tercipta merupakan hasil kerja sama bagus. Di sisi lain, Polandia mengawali laga dengan terlalu gugup, bertahan jauh ke belakang membuat mereka sulit keluar dari tekanan. 

Pun begitu, Polandia tidak tinggal diam utamanya usai kemasukan. Sejumlah serangan berhasil mereka buat. Puncaknya terjadi pada sekira 15 menit sebelum jeda. 

Sebuah tendangan sudut dari sang kapten Piotr Zielinski menciptakan kemelut di depan gawang Austria. Tembakan Jan Bednarek berhasil diblok Trauner namun bola jatuh ke kaki Krzysztof Piatek yang langsung menendang bola ke sisi kiri gawang Austria yang dijaga Patrick Pentz. 

Pada menit ke-46, Polandia mengganti Jakub Piotrowski dengan Jakub Moder sedangkan Austria menarik Florian Grillitsch dan memasukkan Patrick Wimmer. 

Awal babak kedua berbeda dengan awal babak pertama bagi Polandia. Mereka berada di posisi yang lebih tinggi, tidak membiarkan Austria masuk jauh ke dalam wilayah pertahanan mereka – dan, hingga sekira 10 menit babak kedua berjalan, pendekatan tersebut telah bekerja jauh lebih baik.

Pada menit ke-60, striker andalan Polandia Robert Lewandowski dimasukkan untuk menggantkan Adam Buksa. Beberapa saat sebelumnya, Austria melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Trauner dan memasukkan Kevin Danso.

Namun, masuknya Lewandowski – yang menjalani laga ke-153 untuk Polandia dengan 82 gol – belum banyak mengubah permainan. Sebaliknya, Austria justru berhasil menambah gol lewat Christoph Baumgartner dan Marko Arnautovic

Umpan pemain pengganti Alexander Prass dari sisi kiri dibiarkan lewat oleh Arnautovic. Baumgartner pun dengan leluasa menceploskan bola ke gawang. Itu adalah gol keenam Baumgartner dalam tujuh pertandingan internasional terakhirnya.

Sekira 10 menit usai gol Baumgartner, gelandang serang Das Team Marcel Sabitzer dijatuhkan kiper Polandia Wojciech Szczesny di kotak penalti. Arnautovic yang menjadi algojo berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Skor 3-1 untuk Austria tidak berubah hingga wasit asal Turki Umut Meler meniup peluit panjang. 

Menjelang pertandingan akhir hari Jumat antara Belanda dan Prancis, Austria menyamakan kedudukan dengan kedua tim dengan tiga poin melalui kemenangan mengesankan 3-1 atas Polandia. Hasil itu menjaga harapan Das Team untuk melaju ke babak 16 besar tetap hidup.

Usai pertandingan melawan Belanda, Polandia masih punya harapan meski tidak meraih poin apa pun dari pertandingan pembuka. Gaya permainan mereka menjanjikan, tetapi pertandingan kedua ini mengakhiri segala optimisme terkait Euro 2024

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Polandia 1-3 Austria

Gol: 0-1 (Gernot Trauner, 9), 1-1 (Krzysztof Piatek, 30), 1-2 (Christoph Baumgartner, 66), 1-3 (Marko Arnautovic, pen 78)

Polandia (3-5-2): Wojciech Szczesny; Jan Bednarek, Pawel Dawidowicz, Jakub Kiwior; Przemyslaw Frankowski, Jakub Piotrowski, Piotr Zielinski, Bartosz Slisz, Nicola Zalewski; Adam Buksa, Krzysztof Piatek
Pelatih: Michal Probierz

Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Gernot Trauner, Philipp Lienhart, Philipp Mwene; Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch; Christoph Baumgartner, Konrad Laimer, Marcel Sabitzer; Marko Arnautovic
Pelatih: Ralf Rangnick

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat