sveosportu.com

Portugal Menang 2-1 atas Republik Ceko

Bintang muda Portugal, Chico Conceicao. (Yusuf/Skor.id).

- Portugal menang 2-1 atas Republik Ceko dalam laga fase grup Euro 2024, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

Gol kemenangan Portugal tercipta ketika laga akan berakhir, tepatnya menit ke-92 yang diciptakan oleh pemain pengganti, Francisco "Chico" Conceicao.

Masuk menit ke-90 menggantikan Vitinha, Chico Conceicao mencetak gol dua menit kemudian.

Gol dramatis ini menjadi gol penting bagi Portugal yang diciptakan pemain muda mereka, anak dari mantan bintang Timnas Portugal, Sergio Conceicao.

Berawal dari pergerakan Bernardo Silva yang menusuk jantung pertahanan Republik Ceko dari sisi kiri, gelandang senior Portugal tersebut melepaskan umpan datar.

Chico Conceicao menguasai bola dan langsung melepaskan tembakan tersebut dari jarak dekat tanpa bisa dibendung kiper lawan.

Kemenangan A Selecao das Quinas (julukan Portugal) ini membuat mereka untuk sementara di posisi kedua Grup F Euro 2024 dengan tiga poin bersama Turki yang sebelumnya juga menang 3-1 atas Georgia.

Dalam pertandingan ini, sempat terlihat akan Portugal dan Republik Ceko akan berbagi satu angka setelah keduanya imbang 1-1 jelang 90 menit.

Dalam pertandingan yang dgielar di Stadion Red Bull Arena ini, kedua tim baru bisa mencetak gol di babak kedua.

Republik Ceko unggul lebih dulu melalui gol yang diciptakan Lukas Provod pada menit ke-62.

Hanya tujuh menit kemudian (menit ke-69), Portugal menyamakan kedudukan setelah bek Republik Ceko, Robin Hranac, mencetak gol bunuh diri.

Berawal dari umpan silang Vitinha, bola yang berhasil mengarah ke jantung pertahanan Republik Ceko berhasil dimenangi pemain Portugal, Nuno Mendes, yang mendapat kawalan ketat dari Vladimir Coufal.

Robin Hranac yang mencoba mengantisipai gol tersebut malah membuat bola mengarah ke gawangnya sendiri.

Portugal yang tampil dengan kapten mereka, Cristiano Ronaldo, menguasai pertandingan dengan mencatatkan sejumlah peluang.

Hingga jelang laga akan berakhir, Portugal mampu melepaskan 18 tembakan sedangkan Republik Ceko total hanya mampu melepaskan 4 tembakan dengan 1 di antarnya yang mengarah ke gawang.

Portugal mencatat penguasaan bola yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Republik Ceko. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mencatat 72 persen penguaasaan bola sementara Republik Ceko 28 persen.

Peluang Cristiano Ronaldo

Dalam pertandingan ini, Cristiano Ronaldo sempat mendapatkan sejumlah peluang emas untuk mencetak gol.

Salah satunya pada menit ke-31 ketika dia mendapatkan umpan terobosan dari playmaker Bruno Fernandoes.

Umpan tersebut mampu membuat Cristiano Ronaldo mendapatkan ruang di jantung pertahanan lawan. Namun, bola tembakan kaki kirinya berhasil dimentahkan kiper Republik Ceko, Jindrich Stanek.

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Portugal 2-1 Republik Ceko

Gol: 0-1 (Lukas Provod, 62), 1-1 (Robin Jranac, bd 69), 2-1 (Francesco Conceicao, 90+2)

Portugal (3-4-3): Diogo Costa; Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes/Pedro Neto (90); Diogo Dalot/Goncalo Inacio (63), Vitinha/Francisco Conceicao (90), Bruno Fernandes, Joao Cancelo/Nelson Semedo (90); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao/Diogo Jota (63)

Pelatih: Roberto Martinez

Republik Ceko (3-5-2): Jindrich Stanek; Tomas Holes/Tomas Chory (90), Robin Hranac, Ladislav Krejci; Vladimir Coufal, Lukas Provod/Antonin Barak (79), Tomas Soucek, Pavel Sulc/Petr Sevcik (79), David Doudera; Patrik Schick/Mojmir Chytil (60), Jan Kuchta/Ondrej Lingr (60)

Pelatih: Ivan Hasek

Kartu kuning: Rafael Leao, Patrik Schick

Kartu merah:

Wasit: Marco Guida

Stadion: Red Bull Arena

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat