sveosportu.com

Spanyol vs Prancis: La Roja ke Final Euro 2024

Semifinal Euro 2024, Spanyol vs Prancis, menampilkan Lamine Yamal dan Theo Hernandez. (Yusuf/Skor.id).

- Berikut ini hasil pertandingan semifinal Euro 2024 (Piala Eropa 2024) yang mempertemukan Spanyol vs Prancis.

Pertandingan semifinal Euro 2024 antara Spanyol vs Prancis dilangsungkan di Stadion Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Prancis harus menelan kekalahan 1-2 dari Spanyol pada laga semifinal Euro 2024, meski sempat unggul lebih dulu.

Gol Randal Kolo Muani di menit kedelapan, dibalas Spanyol melalui aksi Lamine Yamal (21') dan Dani Olmo (25').

Hasil akhir 2-1 ini cukup untuk mengantarkan Spanyol tampil di laga final Euro 2024, menanti pemenang antara Inggris vs Belanda.

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, menurunkan Alvaro Morata sebagai ujung tombak, dengan dukungan trio Lamine Yamal, Dani Olmo, dan Nico Williams.

Duet lini tengah antara Fabian Ruiz dan Rodri kembali mendapatkan peran sebagai penyeimbang lini serang dan lini pertahanan.

Posisi penjaga gawang masih dipercayakan kepada Unai Simon, sedangkan Jesus Navas, Nacho Fernandez, Aymeric Laporte, dan Marc Cucurella dimainkan di lini belakang.

Jesus Navas (38 tahun, 231 hari) menjadi pemain outfield tertua yang tampil di semifinal turnamen besar (Euro/Piala Dunia), melewati Fritz Walter (37 tahun, 236 hari) dan Gunnar Gren (37 tahun, 236 hari) di semifinal Piala Dunia 1958.

Sementara itu Didier Deschamps mengandalkan trio Ousmane Dembele, Randal Kolo Muani, dan Kylian Mbappe di posisi penyerang.

Tugas penyeimbang di lini tengah dipercayakan kepada N'Golo Kante, Aurelien Tchouameni, dan Adrien Rabiot.

Kuartet lini belakang dipercayakan kepada Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, dan Theo Hernandez, mengawal penjaga gawang, Mike Maignan.

Pada pertandingan kali ini, Prancis berhasil unggul lebih dulu melalui Randal Kolo Muani pada menit kedelapan, memanfaatkan umpan Kylian Mbappe.

Gol ini membuat Randal Kolo Muani menjadi pemain ketiga Prancis yang mencetak gol di semifinal Piala Dunia dan Euro, setelah Michel Platini (1982 dan 1984), dan Zinedine Zidane (2000 dan 2006).

Keunggulan Les Bleus tak berlangsung cukup lama, berawal dari pergerakan Alvaro Morata, Lamine Yamal melakukan tendangan melengkung yang gagal dijangkau Mike Maignan. La Roja menyamakan kedudukan 1-1.

Gol ini membuat Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Euro, ketika berusia 16 tahun 362 hari.

Tersentak dengan gol Lamine Yamal, gawang Prancis kembali jebol di menit ke-25, aksi Dani Olmo sukses mengecoh pertahanan Prancis, Jules Kounde yang mencoba mencegah bola masuk pun tak kuasa menghentikannya. Spanyol berbalik unggul 2-1.

Pada babak kedua, intensitas serangan La Roja dan Les Bleus tidak berkurang, serangan demi serangan coba mereka bangun.

Kylian Mbappe sempat memperoleh peluang di area pertahanan Spanyol, tetapi sepakannya masih membentur pemain bertahan La Roja.

Namun, hingga babak kedua berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol atas Prancis tidak berubah, La Roja menuju final Euro 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat