sveosportu.com

Ada Kartu Merah, Timnas Indonesia Kalah dari Irak di SUGBK

Timnas Indonesia vs Irak di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 6 Juni 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

- Timnas Indonesia kalah dari Irak dalam laga lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (6/6/2024) sore.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pasukan Garuda takluk 0-2 dari Irak karena gol Aymen Hussein (54') dan Ali Jasim (82').

Hasil ini membuat Timnas Indonesia wajib menang pada pertandingan terakhirnya pada fase ini ketika menjamu Filipina pada 11 Juni 2024 di tempat yang sama.

Walau kalah dari Timnas Irak, Garuda masih ada di posisi dua klasemen sementara Grup F dan berpeluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jalannya Pertandingan

Permainan terbuka langsung tersaji sejak laga dimulai. Kedua tim sama-sama tampil menekan yang membuat duel berjalan dengan tempo tinggi.

Timnas Irak lebih dulu mengancam lewat sepakan Osama Rashid di menit ke-10, yang setelahnya bisa lekas diteror balik via Nathan Tjoe-A-On.

Gawang Timnas Indonesia kebobolan di menit ke-16 oleh Ibraheem Bayesh, namun tidak disahkan oleh wasit karena dianggap lebih dulu offside.

Dua menit berselang, Garuda punya kesempatan emas melalui Rafael Struick yang gagal dimaksimalkan. Saling balas serangan pun terus terjadi.

Melewati menit ke-25 tempo permainan menurun seiring mengendurnya tekanan. Akan tetapi upaya menyerang tetap dilakukan masing-masing tim.

Timnas Irak perlahan bisa lebih mendominasi bola. Di menit ke-34 tim tuan rumah mengancam via tembakan Sandy Walsh yang diamankan kiper.

Timnas Indonesia melancarkan serangan berbahaya dari aksi Thom Haye ke Shayne Pattynama lalu Marselino Ferdinan yang masih bisa digagalkan.

Tempo permainan kembali meninggi, namun saling balas serangan tidak kunjung membuahkan hasil manis hingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak Kedua

Timnas Irak tampil agresif sejak pertandingan dilanjut pada paruh kedua. Gelombang ancaman diberikan dan berbuah penalti, handsball Justin Hubner.

Aymen Hussein yang maju sebagai eksekutor berhasil memaksimalkan peluang tersebut menjadi gol pada menit ke-54, meski arah tembakan sempat tertebak.

Tertinggal membuat Garuda tampil lebih menyerang, Tapi serangan balik tamunya berbuah petaka. Jordi Amat mendapat kartu merah langsung di menit ke-59.

Pada menit ke-64, Shayne Pattynama, Thom Haye, dan Sandy Walsh ditarik keluar digantikan Pratama Arhan, Ivar Jenner, dan Asnawi Mangkualam.

Saat mulai bisa keluar dari tekanan dan menebar ancaman, Timnas Indonesia kembali dihukum penalti setelah Ernando Ari dianggap melakukan pelanggaran.

Aymen Hussein yang kembali maju sebagai eksekutor gagal memaksimalkan kesempatan. Tendangnya pada menit ke-73 melambung ke atas mistar gawang.

Garuda punya peluang emas dalam skema serangan balik di menit ke-78 melalui Ragnar Oratmangoen yang masih mampu digagalkan kiper Jalal Hassan.

Saat bisa mengancam, Timnas Indonesia kebobolan pada menit ke-82. Gol diciptakan Ali Jasim dalam serangan balik setelah ada kesalahan Ernando Ari.

Pasukan Garuda terus berupaya mencetak gol balasan, Timnas Irak pun tidak berhenti menyerang. Tapi tak ada gol dan pertandingan pun berakhir 0-2.

Susunan Pemain Utama

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Sandy Walsh, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen;
Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Irak: Jalal Hassan; Hussein Al Haidar, Suad Natiq, Rebin Sulaka, Ahmad Yehia; Osama Rashid, Amir Al Ammari; Ibraheem Bayesh, Zidane Iqbal, Bashar Rasan; Aymen Hussein;
Pelatih: Jesus Casas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat