sveosportu.com

Arda Guler Bawa Turki Menang 3-1 atas Georgia

Bintang muda Timnas Turki, Arda Guler. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Bintang muda Timnas Turki, Arda Guler, menjadi penentu kemenangan atas Georgia, 3-1, dalam laga fase grup Euro 2024, Selasa (18/6/2024) malam WIB.

Arda Guler mencetak gol untuk tim berjulukan Our Boys tersebut pada menit ke-65 menggunakan tembakan keras kaki kirinya.

Gol Arda Guler dalam laga ini memperlihatakan efek bola tembakannya yang melesat kencang ke sisi kiri dalam gawang Georgia.

Tendangan roket Arda Guler mengubah kedudukan dari imbang 1-1 menjadi 2-1 untuk kemenangan Turki dalam laga fase grup Euro 2024.

Dalam laga Grup F ini, Turki sempat unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan bek mereka, Mert Muldur pada menit ke-25.

Bahkan, hanya dua menit kemudian, Turki asuhan Vincenzo Montella kembali mencetak gol melalui Kenan Yildiz.

Namun, wasit menganulir gol tersebut karena sang pemain dinilai lebih dulu dalam posisi offside.

Sebaliknya, Georgia berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang diciptakan penyerang mereka, Georges Mikautadze, pada menit ke-32.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga pertandingan babak pertama berakhir. Turki kemudian terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola.

Turki berhasil melepaskan 7 tembakan yang mengarah ke gawang sedangkan ada 7 tembakan lainnya yang melenceng.

Agresivitas Timnas Turki akhirnya menghasilkan gol kedua yang diciptakan Arda Guler. Bintang berusia 19 tahun ini menerima operan dari Kean Ayhan yang mencuri bola dan memberikannya kepada Arda Guler.

Bintang muda Real Madrid tersebut kemudian membawa bola tersebut mendekati garis jantung pertahanan Georgia.

Namun sebelum dirinya masuk lebih jauh, Arda Guler melepaskan tembakan keras yang membuat Turki menang 2-1.

Turki kemudian kembali mencetak gol ketiga mereka di laga ini melalui pemain pengganti, Akturcoglu.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara Turki memimpin klasemen Grup F dengan tiga poin.

Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan satu grup dengan Portugal dan Republik Ceko yang baru akan tampil pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB ini.

Fakta Menarik

  • Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun bagi pelatih Turki, Vincenzo Montella, yang bertepatan dengan tanggal kelahirannya, 18 Juni 1974 di usianya yang kini genap 50 tahun.
  • Dengan gol di pertandingan ini, Arda Guler telah mematahkan rekor Cristiano Ronaldo yang sebelumnya merupakan pencetak gol termuda dalam debut di Euro 2004. Cristiano Ronaldo 19 tahun 128 hari saat itu, Arda Guler 19 tahun 114 hari.
  • Turki meraih empat kemenangan dari enam laga menghadapi Gorgia di semua ajang dengan dua laga lainnya berakhir dengan 1 kekalahan dan 1 imbang. 

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Turki 3-1 Georgia

Gol: 1-0 (Mert Muldur, 25), 1-1 (Georges Mikautadze, 32), 2-1 (Arda Guler, 65), 3-1 (Kerem Akturcoglou, 90+7)

Turki (4-2-3-1):  Mert Gunok; Mert Muldur/Zeki Çelik (85), Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan/Merih Demiral (79), Hakan Calhanoglu/Salih Ozcan (90); Arda Guler/Yusuf Yazici (79), Orkun Kokcu, Kenan Yildiz/Kerem Aktürkoğlu (85), Bans Yilmaz

Pelatih: Vincenzo Montella

Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Seba Kverkvelia/Budu Zivzivadze (85), Guram Kashia, Lasha Dvali; Otra Kiteishvili, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili/Sandro Altunashvili (89), Giorgi Chakvetadze/Zuriko Davitashvili (74), Georgiy Tsitaishvili/Luka Lochoshvili (74); Georges Mikautadze, Kvicha Kvaratskhelia

Pelatih: Willy Sagnol

Kartu kuning: Abdulkerim Bardakcı, Hakan Calhanoglu, Saba Kverkvelia

Kartu merah:

Wasit: Facundo Tello

Stadion: Signal Iduna Park

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat