sveosportu.com

Kolombia Menang 1-0 atas Uruguay, ke Final Copa America

Semifinal Copa America 2024, Kolombia vs Uruguay. (Jovi Arnanda/Skor.id)

- Kolombia berhasil ke final Copa America 2024 setelah menang atas Uruguay, 1-0, dalam semifinal yang digelar di Stadion Bank of America, North Carolina, Amerika Serikat, Kamis (11/7/2024) pagi WIB.

Dalam laga semifinal ini, Los Cafeteros unggul melalui gol yang diciptakan Jefferson Lerma pada menit ke-39. Gol tersebut ciptakan Jefferson Lerma memanfaatkan assist James Rodriguez.

Dalam momen tersebut, James Rodriguez memberikan assist melalui situasi tendangan sudut. James Rodriguez melepaskan bola tembakan ke jantung pertahanan Uruguay.

Bola lambung tersebut berhasil dimanfaatkan Jefferson Lerma dengan tandukan. Jefferson Lerma melompat tinggi di belakang pemain timnas Uruguay, menanduk dengan keras dari Jarak dekat membuat bola masuk ke gawang.

Los Cafeteros berhasil mengakhiri babak pertama ini dengan keunggulan 1-0. Namun demikian, jelang 45 menit berakhir, mereka  harus kehilangan bek kanan mereka, Daniel Munoz, yang mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap pemain Uruguay.

Hasil ini menegaskan peran dari James Rodriguez sebagai kapten dan playmaker Timnas Kolombia. Assist yang diberikannya untuk gol Jefferson Lerma, merupakan assist ke-6 James Rodriguez di Copa America 2024 ini.

Dengan demikian pula, James Rodriguez menciptakan rekor baru, sebagai pemain dalam sejarah Copa America yang mampu menciptakan 6 assist dalam satu edisi Copa America.

Dia memecahkan rekornya sendiri, yang juga dengan Lionel Messi (Argentina) yang mampu mencetak assist terbanyak dalam satu edisi Copa America, yaitu 5 assist. Kini, rekor tersebut telah dipatahkan James Rodriguez.

Pada babak kedua, Uruguay mencoba mengejar ketertinggalan. Pelatih Timnas Uruguay, Marcelo Bielsa, menurunkan penyerang senior sekaligus kapten La Celeste, Luis Suarez pada menit ke-67, menggantikan Guillermo Varella.

Namun, upaya ini belum mampu membuat Uruguay mengejar ketertinggalan tersebut. Meski kehilangan satu pemain, Kolombia mampu membuat pertahanan mereka sulit ditembus Uruguay.

Hingga menit ke-80 contohnya, Uruguay hanya mampu melepaskan satu tembakan ke arah gawang dari total 7 tembakan. Sementara itu,hingga menit yang sama, Kolombia berhasil melepaskan 3 tembakan ke arah gawang dari 8 total tembakan yang mereka lepaskan.

Lalu, hingga laga berakhir, Kolombia juga tetap unggul dalam soal peluang. Mereka berhasil melepaskan 10 tembakan dengan 4 di antaranya mengarah ke gawang Uruguay.

Sebaliknya,dari 11 tembakan Uruguay, hanya dua di antaranya yang mengarah ke gawang Kolombia.

Dengan hasil ini pula, Kolombia melangkah ke final Copa America 2024. James Rodriguez dan kawan-kawan akan menghadapi Argentina dalam final yang akan digelar pada Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Fakta Menarik Uruguay vs Kolombia

  • Kolombia berhasil ke final Copa America untuk kedua kali dalam sejarah mereka tampil di ajang ini dalam format saat ini sejak 1993. Kali terakhir mereka berhasil ke final terjadi pada 2001. Ketika itu mereka berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Hunduras di semifinal dan menang atas Brasil di final.
  • Kolombia kini telah mencetak 12 gol di Copa America 2024, memecahkan rekor gol terbanyak mereka dalam satu edisi Copa America (11 gol) yaitu pada 1975 dan 2001.
  • Gol tandukan Jefferson Lerma merupakan gol tandukan kelima yang diciptakan Timnas Kolombia di Copa America 2024 ini, sekaligus merupakan gol tandukan terbanyak yang diciptakan sebuah tim di turnamen ini.

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Uruguay 0-1 Kolombia

Gol: 0-1 (Jefferson Lerma, 39)

Uruguay (3-2-4-1): Rochet; Ceceres, Gimenez, Olivera; Valverde, Ugarte; Pellistri, Bentancur, De La Cruz, Araujo; Nunez

Pelatih: Marcelo Bielsa

Kolombia (4-2-3-1): Vargas; Munoz, Sanchez, Cuesta, Mojca; Rios, Lerma; Arias, Rodriguez, Diaz; Cordona

Pelatih: Nestor Lorenzo

Kartu kuning:

Kartu merah: Munoz

Wasit: Cesar Ramos

Stadion: Bank of America
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat