sveosportu.com

Indonesia Open 2024: Tuan Rumah Sisakan Sabar/Reza

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani

– Dua ganda putra Merah Putih, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dan Bagas Maulana/Muhammd Shohibul Fikri, mendapat hasil berbeda di perempat final Indonesia Open 2024

Bermain di hadapan pendukung sendiri yang memadati tribune Istora Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2024), Sabar/Reza sukses mengamankan tiket ke semifinal turnamen bulu tangkis Super 1000 tersebut.   

Pasangan non-pelatnas itu lolos setelah memetik kemenangan rubber game atas ganda putra Taiwan, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, 21-17, 14-21, 21-16, dalam durasi 58 menit.

Hasil ini pun menjadi catatan prestasi bagi Sabar/Reza, karena untuk kali pertama mereka melangkah ke semifinal turnamen BWF Super 1000. Sekaligus yang keempat dalam kariernya.

Sebelum Indonesia Open, sepanjang musim 2024, Sabar/Reza telah tampil dalam babak empat besar tiga turnamen, yakni Orleans Masters (runner up), Swiss Open, dan Spain Masters (juara).

“Puji syukur ke Allah, berkat komunikasi saya sama Reza sama coach dan suporter di Istora membuat kami berdua bisa mengeluarkan kemampuan terbaik,” ujar Sabar seusai pertandingan, dilansir dari Antara.

“Di pertandingan tadi kami sudah mengeluarkan kemampuan terbaik dari gim pertama sampai terakhir, jujur badan saya sudah capek banget. Tapi dengan kemenangan tadi saya sangat happy,” timpal Reza.

Sabar/Reza mengungkapkan kunci sukses mengalahkan Lee/Yang, yang merupakan ganda putra ranking 12 dunia, adalah dukungan luar biasa suporter di Istora dan juga tampil tanpa beban.

“Kunci kemenangannya, nothing to lose karena wakil Indonesia tinggal sedikit, jadi mau tidak mau kami ingin menang ,” kata Sabar. 

“Mungkin di gim ketiga tidak berpikir apa-apa. Hanya ingin fokus dan bikin poin terus membuat penonton di Istora happy dan alhamdulillah berbuah manis tadi,” tambah Reza.

Pada semifinal hari Sabtu (8/6/2024), Sabar/Reza akan bertemu pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Tee Kai Wun, yang menyingkirkan Lu Ching-Yao/Yang Po-Han dari Taiwan, 21-17, 18-21, 21-10. 

Sayangnya, langkah Sabar/Reza gagal diikuti Bagas/Fikri. Mereka tersingkir dari Indonesia Open 2024 usai takluk tiga gim melawan pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, 16-21, 21-15, 21-23.

Dengan demikian, kans untuk menciptakan All Indonesian Final di Istora Senayan tidak dapat diwujudkan. Selain itu, harapan bisa berjaya di negeri sendiri kini ada di pundak Sabar/Reza.

Pasalnya, wakil-wakil Indonesia dalam sektor lain terhenti di perempat final. Dari tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung harus mengakui keunggulan wakil Cina, Wang Zhi Yi, straight game, 8-21, 18-21.

Kemudian di nomor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja kalah dari pasangan andalan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, juga dua gim langsung, 16-21, 17-21.

Jadwal Semifinal Indonesia Open, Sabtu (8/6/2024):

Tunggal Putra
Li Shi Feng (6/Cina) vs Shi Yu Qi (2/Cina): Partai Ke-7
Anders Antonsen (4/Denmark) vs Kunlavut Vitidsarn (8/Thailand): Partai Ke-9

Tunggal Putri
An Se-young (1/Korea Selatan) vs Wang Zhi Yi (6/Cina): Partai Ke-2
Carolina Marin (3/Spanyol) vs Chen Yu Fei (2/Cina): Partai Ke-4

Ganda Putra
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (4/Denmark) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (2/Cina): Partai Ke-8
Man Wei Chong/Kan Wun Tee (Malaysia) vs Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (Indonesia): Partai Ke-10

Ganda Putri
Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (1/Cina) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (7/Jepang): Partai Ke-5
Liu Sheng Shu/Tan Ning (3/Cina) vs Baek Ha-na/Lee So-hee (2/Korea Selatan): Partai Ke-6

Ganda Campuran        
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1/Cina) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (6/Thailand): Partai Ke-1
Tian Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) vs Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (5/Cina): Partai Ke-3

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat