sveosportu.com

Indonesia Open 2024: 2 Ganda Campuran Tuan Rumah Kalah

Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa

– Dua wakil tuan rumah dari sektor ganda campuran telah menuntaskan laga pembuka di Indonesia Open 2024 pada hari kedua turnamen, Rabu (5/6/2024).

Mereka adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sayangnya, kedua pasangan tersebut meraih hasil minus sehingga langkah mereka langsung terhenti di babak 32 besar.

Kekalahan lebih dulu dialami Rehan/Lisa yang menghadapi ganda campuran nomor satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Cina) di Istora Senayan, Jakarta.

Sejatinya Rehan/Lisa mampu mengimbangi permainan ganda campuran peraih emas Asian Games 2022 itu di gim pertama.

Tetapi, serangan-serangan wakil Indonesia justru melemah di gim kedua yang membuat lawan balik mendominasi pertandingan. Kemenangan duel pun harus ditententukan melalui gim ketiga setelah Rehan/Lisa takluk di gim kedua.

Rehan/Lisa masih belum mampu bangkit di gim ketiga dan terus tertinggal dalam perolehan poin. Alhasil, Rehan/Lisa harus mengakui keunggulan Zheng/Huang dengan skor 23-21, 15-21, 13-21.

“Lawan sebenarnya tidak nyaman bermain di gim pertama. Mereka keluar dari tekanan dengan mampu mengubah pola dari tidak nyaman tersebut,” ujar Rehan.

“Kami bermain kurang sabar setelah unggul. Seharusnya kami bermain dengan sabar karena lawan juga tidak dalam kondisi tertekan saat bertahan.”

Sementara itu, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menelan kekalahan dari Yang Po-Hsuan/Hu Ling-Fang (Taiwan).

Sama seperti dengan wakil Indonesia sebelumnya, Rinov/Pitha juga takluk lewat drama rubber game 16-21, 21-18, 17-21.

Pitha mengakui bahwa pada laga kali ini, dirinya bermain kurang maksimal sehingga seringkali memberikan lawan peluang untuk mencetak angka.

“Iya banyak kesalahan terutama saya, saya banyak sekali memberikan kans pada lawan untuk menyerang dan betul-betul hasil ini di luar apa yang saya mau,” ujar Pitha soal kekalahannya.

“Jadi kalau ditanya semua atlet kalah itu kecewa pasti kecewa. Bahkan kalau menang tetapi main tidak sesuai harapan pun pasti ada rasa kecewa yang mungkin gak banyak orang yang tahu soal itu.”

Seusai tampil di Indonesia Open 2024, Rinov/Pitha pun langsung mengalihkan fokus untuk persiapan menuju Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris pada Juli-Agustus mendatang.

Pitha mengatakan ia bakal berusaha meningkatkan kemampuannya terutama dari segi non-teknis selama masa persiapan tersebut. Selain itu, Pitha memang mengaku belum puas dengan permainannya hingga saat ini.

“Setelah hari ini kalah saya berusaha untuk kembali dengan semangat dan fokus dengan tujuan awal yaitu main di Olimpiade, walaupun rasanya saya masih pengen main,” tambah dara 24 tahun itu.

“Salah satunya karena rasa belum puas dari kemampuan saya. Dari beberapa pertandingan sebelumnya, walaupun masuk target pun saya merasa permainan saya masih belum cukup untuk saya bilang saya puas.”

“Yang paling (butuh ditingkatkan) itu dari segi non-teknis, fokus, konsistensi di dalam lapangan yang harus ditambah,” tuturnya.

Dengan hasil ini, wakil tuan rumah di sektor ganda campuran Indonesia Open 2024 menyisakan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang mampu mengemas kemenangan pada hari pertama turnamen.

Dejan/Gloria melaju ke babak kedua seusai mengalahkan pasangan Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin dengan skor 21-19, 21-19. 

Ada pun Adnan/Nita mengantongi tiket 16 besar seusai mengalahkan ganda campuran Jerman, Jan Colin Voelker/Isabel Lohau straight game 21-11, 21-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat