sveosportu.com

Jelang Euro 2024, Inggris Kalah 0-1

Laga uji coba internasional jelang Euro 2024, Inggris vs Islandia. (Hendy Andika/Skor.id).

- Gareth Souhgate dihujani kritik setelah Inggris secara mengejutkan kalah 0-1 dari Islandia dalam laga uji coba, Sabtu (8/6/2024) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut menjadi pukulan cukup telak karena merupakan laga terakhir The Three Lions sebelum tampil dalam Euro 2024 yang akan digelar pada 14 Juni 2024 nanti.

Timnas Inggris kalah 0-1 dari Islandia dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Wembley.

Dengan kekalahan ini, Timnas Inggris hanya mampu meraih satu kemenangan dari empat laga uji coba setelah mereka memastikan tiket putaran final Euro 2024.

Sebelumnya, Harry Kane dan kawan-kawan takluk dari Brasil, imbang lawan Belgia, menang atas Bosnia dan Herzegovina, tapi kini kalah lawan Islandia.

Hasil minim lawan tiga tim besar memberikan kekhawatiran terkait peluang Inggris dalam persaingan di Grup C Euro 2024. Inggris tergabung bersama Serbia, Denmark, dan Slovenia di Grup C.

"Kami tidak cukup bagus memberikan tekanan. Namun, ada sejumlah peluang yang kami dapatkan," kata Gareth Southgate dalam konferensi pers setelah kekalahan tersebut.

Timnas Inggris kemasukan gol ketika laga baru berjalan 12 menit. Pemain Islandia, Jon Dagur Porsteinsson, yang berhasil mengoyak gawang The Three Lions.

Setelah gol tersebut, Inggris kesulitan untuk membalas bahkan sampai peluit akhir dibunyikan, tidak ada gol yang berhasil diciptakan The Three Lions.

Kekalahan ini membuat Gareth Southgate mendapatkan kritik dari sejumlah publik sepak bola Inggris.

"Setelah tertinggal 0-1, Inggris tidak mampu mencetak gol balasan, bukti bahwa Gareth Southgate tidak memiliki cukup taktik sebagai pelatih," demikian salah satu komentar di medis sosial terkait kekalahan tersebut.

Kritik tersebut kemudian dikait-kaitkan dengan keputusan Gareth Southgate yang mencoret gelandang Manchester City, Jack Grealish.

Dalam pertandingan ini, Gareth Southgat menurunkan sejumlah pemain terbaiknya seperti Harry Kane di lini depan dalam formasi 4-2-3-1.

Phil Foden di tempatkan sebagai playmaker di barisan tiga gelandang bersama Cole Palmer dan Anthony Gordon.

Gareth Southgate kemudian melakukan sejumlah pergantian termasuk menarik Harry Kane menggantikan dengan Ivan Toney, Anthony Gordon digantikan dengan Bukayo Saka, atau Cole Palmer digantikan Eberechi Eze.

Namun, pergantian tersebut tidak menghasilkan gol dan Inggris harus menerima kekalahan ini. Kekalahan yang akan mereka bawa ke putaran final Euro 2024.

Menurut Sky Sports, sejumlah pemain Timnas Inggris di laga ini tampil di bawah performa dan kesulitan, seperti Phil Foden yang mendapatkan nilai 5.

Harry Kane sendiri mendapatkan nilai 4, salah satunya karena gagal melewatkan peluang emas menjadi gol ketika mendapatkan umpan silang Cole Palmer.

Bahkan, Harry Kane juga gagal melepaskan satu tembakan pun ke arah gawang Islandia. Ini salah satu penampilan buruk Harry Kane dalam kariernya bersama Timnas Inggris.

Fakta Menarik Inggris vs Islandia

  • Dalam pertandingan ini, Timnas Inggris hanya mampu melepaskan satu tembakan ke arah gawang yaitu dari Phil Foden pada menit ke-21. Itu merupakan jumlah terminim sejak Juni 2021 lawan Skolandia yang juga satu tembakan ke gawang.
  • Ini kali pertama bagi Inggris kalah di laga terakhir jelang tampil di turnamen besar, sejak kekalahan pada 1968, 0-1 takluk dari Jerman di laga terakhir jelang Euro 1968.
  • Hasil ini membuat Inggris kemasukan di gol pembuka dalam tiga laga beruntun di Stadion Wembley, pertama kali sejak November 1954.

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Inggris 0-1 Islandia

Gol: 0-1 (Jon Dagur Þorsteinsson, 12)

Inggris (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Kieran Trippier; Kobbie Mainoo, Declan Rice; Cole Palmer, Phil Foden, Anthony Gordon; Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Islandia (4-2-3-1): Hakon Rafn Valdimarsson; Bjarki Steinn Bjarkason, Sverrir Ingason, Daniel Leo Gretarsson, Kolbeinn Birgir Finnsson; Arnor Traustason, Jóhann Gudmundsson; Mikael Anderson, Hakon Arnar Haraldsson, Jon Dagur Þorsteinsson; Andri Gudjohnsen

Pelatih: Age Hareide

Kartu kuning: Hakon Arnar Haraldsson, Kolbeinn Birgir Finnsson, Sverrir Ingason

Kartu merah:

Wasit: Davide Massa

Stadion: Wembley

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat