sveosportu.com

Ironi Honda di COTA, dari Penguasa ke Pesakitan

Marc Marquez saat memberikan kemenangan di MotoGP Americas 2021 untuk Tim Repsol Honda. (Jovi Arnanda/Skor.id)

 – Sejak masuk kalender Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2013, Grand Prix of the Americas (MotoGP Amerika) bisa dibilang telah menjadi wilayah kekuasaan Honda

Circuit of the Americas (COTA) di Austin, Texas, Amerika Serikat, yang memiliki banyak tikungan cepat di sektor pertama, trek lurus berkecepatan tinggi, dan sejumlah area pengereman keras, bahkan terberat dalam kalender MotoGP, sangat cocok dengan setting-an Honda RC213V. 

Terbukti, Marc Marquez mampu mendominasi dengan selalu memenangi MotoGP Amerika secara beruntun dari 2013 sampai 2018. Bahkan, saat kondisi fisiknya sudah tidak lagi bagus akibat rangkaian kecelakaan, Marquez dan Tim Repsol Honda masih mampu menang kembali pada 2021.

Pada MotoGP Amerika 2023, Alex Rins yang kala itu menggeber RC213V milik Tim LCR Honda, berhasil menekan pemimpin klasemen saat itu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), hingga memaksanya membuat kesalahan di lap kedelapan. 

Usai mengambil alih P1 dari Bagnaia, Rins terus melesat hingga mampu mempertahankan keunggulan sampai 2 detik dari pembalap di belakangnya, saat menyentuh garis finis. 

Itulah kemenangan kedua Rins di COTA setelah pada 2019, saat mengendarai Suzuki, melibas Marquez yang kala itu terlalu percaya diri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat