sveosportu.com

Jadi Kapten Thomas & Uber, Fajar dan Apriyani Tekankan 3 Hal

Apriyani Rahayu dan Fajar Alfian

– Tim Thomas-Uber Indonesia resmi menunjuk Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu sebagai kapten. Kedua pebulu tangkis pun mengaku siap mengemban tanggung jawab tersebut.

Pada Senin (22/4/2024) kemarin, tim bulu tangkis Indonesia memberikan mandat kepada Fajar dan Apri untuk menjadi kapten untuk menghadapi Thomas dan Uber Cup 2024

Turnamen bulu tangkis beregu paling bergengsi di dunia itu dijadwalkan berlangsung pada 27 April-5 Mei mendatang di Chengdu, Cina. Ini akan menjadi edisi ke-33 Thomas Cup dan ke-30 Uber Cup. 

Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu diangkat sebagai kapten berdasarkan hasil voting seluruh atlet yang tergabung dalam tim Thomas-Uber Cup Merah Putih. Mengenai penunjukkan ini, mereka mengaku siap.

“Tugas dan tanggung jawab menjadi kapten tim cukup berat, tapi ketika rekan-rekan yang lain sudah mempercayai kami, kami siap mengemban tugas tersebut,” ujar Fajar, andalan Indonesia di sektor ganda putra bersama Muhammad Rian Ardianto, dikutip dari rilis PBSI.

Fajar maupun Apri sepakat bahwa soliditas dan kekompakan adalah kunci kekuatan, khususnya dalam turnamen beregu seperti Thomas dan Uber Cup. Karenanya, mereka ingin memastikan aspek itu terjaga.

“Kekompakan dan kesolidan kunci utama di dalam tim ini. Hal itu yang akan kami terus jaga dan perkuat. Komunikasi juga penting, bagaimana nanti cara mendukung saat teman kita sedang main, saat berhasil menyumbang poin atau tidak berhasil menyumbang poin,” kata Apri.  

“Semoga hasil terbaik bagi tim Thomas dan Uber Indonesia dapat kami raih tahun ini,” tambah Fajar, yang akan berjuang bersama skuad putra Merah Putih untuk bisa meraih gelar ke-15.

Indonesia tercatat telah terakhir kali menjuarai Thomas Cup pada edisi 2020 di Aarhus, Denmark. Ketika itu Fajar dan kawan-kawan mengalahkan Cina dengan skor telak 3-0.

Skuad Merah Putih kembali berhasil mencapai final Thomas Cup 2022 di Bangkok, Thailand. Namun, dua tahun lalu Indonesia takluk 0-3 dari India, yang menjadi juara untuk pertama kalinya.

Sedangkan untuk Uber Cup, Indonesia sudah lama belum lagi berhasil mengangkat trofi. Terakhir kali itu terjadi pada 1996 silam. Kala itu, skuad Merah Putih yang diperkuat Susy Susanti menang 3-2 atas Cina.  

Tim Thomas Indonesia diisi para pemain terbaik. Sektor tunggal putra akan diperkuat Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan. Lalu di ganda putra ada Fajar/Rian, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sementara itu, kombinasi senior-junior menghiasi komposisi skuad Uber Merah Putih. Pada tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Dwi Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ruzana. 

Kemudian di nomor ganda putri komposisinya adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, dan juga Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose. 

Tim Thomas-Uber Indonesia dijadwalkan berangkat menuju Chengdu, Cina, pada Rabu (24/4/2024) dini hari WIB, menggunakan pesawat Cathay Airlines CX798 via Hong Kong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat