sveosportu.com

Jadwal F1 GP Austria 2024: Sprint Bakal Tambah Tantangan

Cover F1 GP Austria 2024

– Setelah dimulai dengan Grand Prix Spanyol akhir pekan lalu, rangkaian triple-header Formula 1 2024 bakal berlanjut di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, 28-30 Juni ini.

Ini akan menjadi home race alias balapan kandang untuk Red Bull dan mereka punya rekor impresif di GP Austria bersama pembalap andalannya, Max Verstappen.

Juara dunia F1 2021, 2022, dan 2023 tersebut sukses tiga kali menang dalam empat balapan terakhir di Red Bull Ring, termasuk pada GP Austria edisi musim lalu. 

Rapor bagus itu membuat Verstappen kembali difavoritkan di Red Bull Ring akhir pekan ini. Namun, sang juara bertahan bakal menghadapi tantangan serius dari pembalap McLaren Lando Norris.

Seperti yang terjadi dalam beberapa race sebelumnya Norris muncul sebagai penantang kuat Red Bull 1. Termasuk pada F1 GP Spanyol di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (23/6/2024) lalu.   

Lando Norris hanya kalah dengan gap tipis, sekitar 2,2 detik. Seandainya balapan berlangsung beberapa lap lebih banyak, ia punya kans besar menyalip Super Max. 

Tetapi Verstappen justru mengaku bersemangat karena akhirnya mendapatkan rival di trek setelah cukup lama mendominasi. Ditambah lagi, akhir pekan GP Austria akan diisi dengan balapan sprint.

Artinya, tim dituntut menemukan setup terbaik mobil karena hanya akan ada satu sesi latihan di Red Bull Ring. Tentu ini menjadi tantangan lain untuk akhir pekan ini.

“Sangat penting mengatur mobil dengan bagus sejak awal dan kami harus bisa memanfaatkan data dari Grand Prix sebelum-sebelumnya karena kualifikasi selalu sangat dekat di sini,” ujar Verstappen 

“Pada akhir pekan sprint, tentu sedikit lebih sulit bagi semua orang untuk melakukan semua pekerjaan dengan benar, namun ini tantangan yang bagus. Dan kami melakukan segala yang kami bisa untuk terus berkembang. Itu yang menjadi fokus kami,” ia menambahkan.

Pada sisi lain, Norris siap menebus kekecewaannya di Red Bull Ring setelah kalah dari Verstappen dalam balapan GP Spanyol. Sang pembalap merasa harusnya bisa menang di Barcelona jika startnya lebih baik.         

“Mungkin saya sedikit berlebihan. Sepertinya saya bicara soal start yang buruk, tapi bukan itu problem sesungguhnya. Di Formula 1, pada level tertinggi, Ini soal perbedaan kecil. Bagi saya nuansanya adalah roda berputar terlalu banyak saat start,” Norris menuturkan.

“Hal tersebut menyebabkan saya kehilangan dua meter dan itu yang memungkinkan Max (Verstappen) mampu menyerang dari sisi kanan,” imbuh peraih pole position F1 GP Spanyol 2024.

Mercedes dan Ferrari tidak boleh dikesampingkan di Red Bull Ring. Keduanya pasti bakal mencoba ikut meramaikan persaingan di barisan terdepan, terlebih Tim Kuda Jingkrak, yang gagal podium dalam dua GP terakhir setelah kesuksesan di Monako. 

Perlu diingat pula, Ferrari berhasil memenangkan GP Austria dua musim lalu lewat Charles Leclerc. Ketika itu, ia mampu mengasapi Max Verstappen di Red Bull Ring.

Sedangkan Mercedes mengalami peningkatan dengan update saya depannya. Terbukti, dua podium dari balapan di GP Kanada dan Spanyol mampu dicapai, lewat George Russell serta Lewis Hamilton. 

Dengan adanya sprint di GP Austria akhir pekan ini, maka cuma akan ada satu sesi latihan di hari Jumat (28/6/2024). Setelah itu, dilanjutkan dengan kualifikasi sprint.

Kemudian pada Sabtu (29/6/2024), para pembalap akan bersiap menghadapi sprint. Setelahnya, mereka dijadwalkan menjalani kualifikasi guna menentukan posisi start balapan utama hari Minggu (30/6/2024).       

Jadwal Lengkap F1 GP Austria, 28-30 Juni 2024:

Jumat, 28 Juni
17.30-18.30 WIB: Latihan 1
21.30-22.14 WIB: Kualifikasi Sprint

Sabtu, 29 Juni
17.00-18.00 WIB: Sprint (24 Lap)
21.00-22.00 WIB: Kualifikasi

Minggu, 30 Juni
20.00 WIB: Balapan (71 Lap)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat