sveosportu.com

Jadwal MotoGP Jerman 2024: Kans Marc Marquez Menang

MotoGP Jerman 2024

– Rombongan MotoGP kini bersiap untuk menghadapi putaran kesembilan musim ini, Grand Prix Jerman, yang akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring pada 5-7 Juli 2024.

Ini akan menjadi balapan terakhir paruh pertama MotoGP 2024 sebelum jeda musim panas selama sekitar satu bulan atau hingga 4 Agustus mendatang. 

MotoGP Jerman tiba setelah akhir pekan sempurna bintang Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia dalam GP Belanda, di mana ia berhasil meraih pole, mencetak fastest lap, serta memenangi sprint dan balapan.

Torehan perfek di Sirkuit Assen membuat Pecco, sapaan Bagnaia, berhasil memangkas ketertinggalannya dari pemimpin klasemen sementara, Jorge Martin (Pramac Racing), sekarang menjadi hanya 10 poin saja.

Jumlah itu adalah margin terdekat antara dua rider teratas sejak setelah sprint MotoGP Portugal, 23 Maret lalu. Akhir pekan ini, target Pecco Bagnaia tak sekadar mengejar, tapi merebut pucuk pimpinan dari Martin.

Bagnaia jelas diselimuti optimisme tinggi menyusul hat-trick kemenangan yang dibukukan di tiga Grand Prix terakhir: Catalunya, Italia, serta Belanda. 

Pada sisi lain, Jorge Martin datang ke Sachsenring dengan berbekal hasil luar biasa musim lalu. Martinator mencetak kemenangan ganda MotoGP perdananya usai duel sengit dengan Pecco di GP Jerman 2023.

Namun, misi Martin di trek sepanjang 3,671 kilometer tersebut adalah meminimalisasi kesalahan agar bisa mendulang poin sebanyak mungkin sehingga takhtanya sebagai pemimpin klasemen terus terjaga.

Martinator adalah salah satu pembalap yang memiliki kecepatan konsisten. Tentu, ia berharap untuk dapat membalikkan keadaan, kembali ke jalur kemenangan yang belum lagi diraih sejak GP Prancis, Mei lalu.

Tentu semua rider ingin finis terdepan dalam GP Jerman, seperti halnya Pecco dan Martinator. Tetapi ada satu nama yang memiliki rekor luar biasa dan begitu mendominasi di Sachsenring, yakni Marc Marquez.

Pembalap Gresini Racing ini selalu memenangi MotoGP Jerman sejak musim debutnya di kelas premier, 2013 silam. Ia hanya gagal melakukannya pada edisi 2022 dan 2023, itu pun karena absen dari balapan.

Dengan kata lain, Marquez tidak pernah menelan kekalahan pada balapan di Sachsenring sejak 2010, jika menghitung kemenangannya ketika bersaing dalam kelas Moto2 dan 125cc.

Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Marc Marquez
Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez menjadi favorit untuk memenangi MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring. (Dede Sopatal Mauladi/)

Artinya juga, Marc Marquez punya kans bagus untuk membukukan kemenangan pertamanya di atas Ducati Kendati punya rekor impresif, Sachsenking, begitu ia dijuluki, mengatakan situasinya kini sangat berbeda.

“Ketika saya tiba di sini di masa lalu, saya kompetitif di semua trek balap dan kemudian di sini saya mampu membuat perbedaan. Sekarang, mereka (Bagnaia dan Martin) lebih cepat di trek lain. Jadi, mari kita lihat apakah saya punya level dan kecepatan untuk bertarung dengan mereka,” kata Marquez, dikutip dari Crash.

“Ini tak akan menjadi akhir pekan yang mudah seperti banyak orang bilang. Apakah berada di Sachsenring dapat membantu saya mendapatkan kesempatan melawan dua orang ini (Bagnaia dan Martin)? Untuk itu saya harus berkendara dengan sempurna di sini, seperti yang saya lakukan di masa lalu,” pungkasnya.

Rangkaian MotoGP Jerman di Sachsenring akan diawali dengan dua kali latihan pada Jumat (5/7/2024), dengan sesi sore krusial karena menentukan apakah para rider lolos langsung ke Kualifikasi 2 (Q2) atau harus melalui Q1.

Keesokan harinya, Sabtu (6/7/2024), seluruh pembalap bakal lebih dulu fokus untuk menjalani kualifikasi sebelum melakoni sprint atau balapan singkat durasi 15 lap. Puncaknya, tentu saja race Minggu (7/7/2024) dengan total 30 lap.    

Jadwal Lengkap MotoGP Jerman, 5-7 Juli 2024:

Jumat, 5 Juli
15.45-15.30 WIB: Latihan Bebas 1
20.00-21.00 WIB: Latihan

Sabtu, 6 Juli
15.10-15.40 WIB: Latihan Bebas 2
15.50-16.30 WIB: Kualifikasi
20.00 WIB: Sprint (15 Lap)

Minggu, 7 Juli
14.40-14.50 WIB: Pemanasan
19.00 WIB: Balapan (30 Lap)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat