sveosportu.com

Jakarta Electric PLN Bertekad Tembus Final Four Proliga 2024

Jakarta Electric PLN

- Tim voli putri Jakarta Electric PLN secara resmi mengumumkan skuad sekaligus identitas baru untuk Proliga 2024. Tak cuma itu, mereka juga mengungkap target yang lebih ambisius.

Perkenalan tim Jakarta Electric PLN berlangsung pada Selasa (23/4/2024) sore di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Direktur Utama PT PLN, Darmawan Kasodjo, Executive Vice President PT PLN, Arsyadany Ghana Akmala Putri, serta pembina tim Tedi Bharata.

Jakarta Electric PLN merupakan salah satu kekuatan besar di skena voli putri Indonesia. Faktanya, sejak ikut berkompetisi pada 2004, mereka mencatat jumlah gelar juara Proliga terbanyak, yakni enam kali.

Tim ini menyabet mahkota tertinggi pada 2004, 2009, 2011, 2015, 2016, dan 2017. Namun, dalam empat partisipasi terakhir, Jakarta Electric PLN justru gagal lolos ke final four.

Rangkaian negatif inilah yang ingin mereka putus pada musim baru. Apalagi, Proliga 2024 menandai dua dekade Jakarta Electric PLN bertarung di kasta elite voli Indonesia tersebut.

Penyegaran pun dilakukan, mulai dari komposisi pemain, jajaran pelatih, hingga logo dan jersey tim.

Para pemain berpengalaman direkrut Jakarta Electric PLN demi membentuk tim yang tangguh, sebut saja Yolla Yuliana, yang didapuk sebagai kapten, Maya Kurnia Indri, Tisya Amallya Putri, hingga Nurlaili Kusumah Diningrat.

Dua pemain asing juga didatangkan, yakni Katerina Zhidkova (Azerbaijan) dan Indre Sorokaite (Italia).

launching tim jakarta electric pln
Direktur PT PLN, Darmawan Prasodjo (tengah kiri) secara simbolis memberikan bola kepada kapten Jakarta Electric PLN, Yolla Yuliana (tengah kanan), pada peluncuran tim di Jakarta, 23 April 2024. (Teguh Kurniawan/)

"Melihat persiapan pemain yang begitu matang, ditambah hadirnya pemain-pemain berpengalaman dan junior, kami berharap Jakarta Electric PLN bisa menggebrak Proliga 2024. Saat ini, fokus kami adalah lolos empat besar. Kami optimistis bisa mewujudkannya," ujar Darmawan Kasodjo kepada wartawan.

Adapun pelatihnya berasal dari Thailand, Chamnan Dokmai, sosok yang tak asing dengan atmosfer Proliga, bahkan pernah membawa Jakarta Popsivo Polwan juara pada 2018.

Dia akan dibantu kompatriotnya, Peemmawat Boonjan, sebagai pelatih teknik.

"Jakarta Electric PLN punya sejarah yang bagus, mereka sudah enam kali juara. Saya yakin, musim ini, kami bisa kembali ke final karena kami punya pemain-pemain yang bagus, program latihan yang baik, dan dukungan luar biasa dari manajemen," ujar Chamnan Dokmai.

Filosofi logo Jakarta Electric PLN

Perubahan logo Jakarta Electric PLN dilakukan sebagai perwujudan semangat baru dalam mengarungi kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air. 

Sebagai tim, Jakarta Electric PLN merupakan sebuah kesatuan yang utuh dan siap menghadapi tantangan di masa mendatang.

Penulisan nama Jakarta Electric PLN, lengkap dengan ikon petir sebagai identitas kuat, diharapkan menjadi kokoh seperti perisai namun tetap menenangkan dan stabil yang ditandai dengan warna biru. 

Adapun warna kuning melambangkan keceriaan dan optimisme.

Tak cuma itu, Jakarta Electric PLN juga akan mengenakan jersey anyar buat Proliga 2024, dengan bantuan desain dari Iwan Tirta dan diproduksi apparel lokal, Juaraga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat