sveosportu.com

Jakarta Garuda Jaya Disiapkan untuk AVC Challenge Cup 2024

Jakarta Garuda Jaya

– Rangkaian kompetisi Proliga 2024 yang bakal bergulir mulai kamis (25/4/2024) nanti bakal dimeriahkan oleh tim voli putra Jakarta Garuda Jaya.

Jakarta Garuda Jaya sendiri menatap Proliga 2024 dengan skuad bermaterikan para pevoli muda yang diproyeksi jadi pilar timnas Indonesia di masa depan.

Nantinya, tim asuhan Li Qiu Jiang itu disiapkan untuk jadi wakil Indonesia dalam Kejuaraan Voli Asia U-20 2024 yang akan digelar di Surabaya pada 23–30 Juli mendatang.

Tak hanya itu, Jakarta Garuda Jaya ternyata juga dipersiapkan untuk menghadapi AVC Challenge Cup 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 2–9 Juni nanti.

Sebelumnya, PBVSI sudah berencana mengirim tim putra berisi para pemain "pelapis" untuk mengikuti kejuaraan voli senior yang bakal bergulir di Qatar tersebut.

Langkah itu diambil karena jadwal AVC Challenge Cup 2024 sektor putra yang bentrok dengan pekan kelima Proliga 2024 (6–9 Juni) yang berlangsung di Bandung.

Menyikapi hal tersebut, PBVSI pun memutuskan untuk tak menurunkan tim voli putra yang berisi para pemain senior ke AVC Challenge Cup 2024.

Hal ini seperti yang dijelaskan Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo, dalam sesi konpers jelang Proliga 2024 yang dihelat di SCTV Tower pada Senin (22/4/2024).

“Di tengah-tengah berlangsungnya Proliga, ada event yang harus kami ikuti. Event itu adalah AVC Challenge Cup 2024, baik untuk tim putra maupun putri,” ujar Imam Sudjarwo.

“Ada sekitar 17 hari dalam jeda kompetisi Proliga 2024. Di tengah-tengah itu, nanti tim putra Indonesia akan kami kirim ke Bahrain.”

“Karena jadwalnya sangat padat, kami kirim Jakarta Garuda Jaya ke AVC Challenge Cup 2024,” mantan Komandan Korps Brimob Polri itu menjelaskan

Imam Sudjarwo pun menilai Proliga 2024 sebagai ajang yang pas untuk mengasah kesiapan Jakarta Garuda Jaya sebelum turun di AVC Challenge Cup 2024.

Apalagi Mohammad Fahril Setiawan dan kawan-kawan bakal menghadapi enam tim lain yang bermaterikan pemain senior sarat pengalaman.

Proliga 2024 ini sebagai ajang uji coba Garuda Jaya menghadapi senior-senior yang sangat luar biasa pengalamannya,” ujar Imam

“Dengan kami coba mainkan Garuda Jaya di Proliga minimal di 12 pertandingan awal, paling tidak kami bisa tembus peringkat empat di AVC Challenge Cup 2024.”

Pada sisi lain, PBVSI bakal menurunkan tim voli putri Indonesia dengan kekuatan penuh pada AVC Challenge Cup 2024.

Hal itu dilakukan lantaran AVC Challenge Cup 2024 untuk sektor putri bakal berlangsung di Filipina pada 22–29 Mei atau bertepatan dengan masa jeda Proliga 2024.

“Tim putri kami kirim ke Filipina dan diisi oleh pemain-pemain terbaik dari tiap klub Proliga,” Imam Sudjarwo menjelaskan.

Pada AVC Challenge Cup 2023 yang berlangsung di Gresik tahun lalu, tim voli putri Indonesia keluar sebagai runner up di bawah Vietnam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat