sveosportu.com

Jay Idzes: Timnas Indonesia Terus Berusaha Membuat Sejarah

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes. (Grafis Yusuf/Skor.id)

- Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, menegaskan saat ini Indonesia sedang berupaya untuk menjadi negara sepak bola yang disegani di pentas dunia.

Hal itu dituturkan bek Venezia FC itu saat diwawancarai FIFA. Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini menjadi salah satu sorotan di Asia.

Itu tidak terlepas dari performa yang ditampilkan pada Piala Asia 2023, dengan untuk pertama kalinya berhasil lolos ke babak 16 besar. Kemudian, di Piala Asia U-23 2024 berhasil menembus babak semifinal untuk pertama kali, dan nyaris lolos ke Olimpiade 2024.

Lalu, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal itu yang memantik FIFA ingin mengulik lebih lanjut mengenai potensi dari sepak bola Tanah Air, yang diprediksi bisa terus memberikan kejutan dalam kualifikasi menuju Piala Dunia 2026.

Ditambah, kenaikan peringkat di FIFA hingga posisi ke-134 per 20 Juni 2024.

“Itu adalah sesuatu yang kami coba lakukan. Kami bekerja untuk menempatkan Indonesia di peta sebagai negara sepak bola,” ujar Jay Idzes, seperti dikutip laman resmi FIFA.

“Saya pikir Indonesia telah memiliki generasi yang baik sebelum kami dan kami berusaha untuk meningkatkan setiap hari, setiap tahun,” tambah bek berusia 24 tahun itu.

Lebih lanjut, pemain yang bakal bermain di Serie A Italia pada musim depan itu menuturkan apa yang dicapai Timnas Indonesia saat ini adalah berkat kerja sama semua pihak. Dan tekad untuk terus berprestasi terus bergelora.

“Saya pikir itu juga sesuatu yang coba dilakukan oleh pengurus (federasi, PSSI), direktur, dan presiden. Dengan begitu kami terus berusaha untuk meningkatkan, membuat sejarah dan membawa sukacita bagi rakyat, dan memastikan bahwa Indonesia adalah negara sepak bola yang dihormati,” jelasnya.

Sementara itu, terdekat Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada laga perdana mereka di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 5 September nanti.

Lima hari berselang, giliran Australia yang dijamu Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Selain menghadapi Arab Saudi dan Australia, di Grup C skuad Garuda juga akan melawan Jepang, Cina, dan Bahrain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat