sveosportu.com

Jeka Saragih Kalah Lawan Petarung AS di UFC Vegas 93

Jeka Saragih

– Petarung Indonesia Jeka Saragih berupaya mengamankan kemenangan keduanya di UFC. Tetapi atlet bela diri campuran (MMA) asal Simalungun, Sumatera Barat ini gagal mewujudkannya.  

Jeka harus mengakui ketangguhan lawannya, Westin Wilson, dalam duel kelas bulu (featherweight) pada UFC Vegas 93 di Nevada, Amerika Serikat (AS), Sabtu (15/6/2024) malam atau Minggu WIB.

Ia datang dengan berbekal kemenangan KO atas Lucas Alexander di UFC Vegas 82, November tahun lalu, yang dinobatkan sebagai Performance of The Night. 

Sementara itu Wilson tengah mencari kemenangan perdana pada penampilan UFC ketiganya. Sebelumnya, atlet kebangsaan AS ini selalu kalah, melawan Jean Silva, Januari lalu, dan Joanderson Brito, Juli 2023.

Begitu laga dimulai, Jeka Saragih segera mengambil inisiatif untuk menekan. Ia terlihat agresif melancarkan serangan kuat berulang kali. 

Namun, Westin Wilson masih bisa mengatasinya. Tak lama, ia dapat celah untuk menangkap Jeka dengan guillotine kemudian melakukan transisi, memadukan triangle choke dan kuncian armbar.

Jeka berusaha melepaskan diri dan menjaga keseimbangannya. Petarung 29 tahun tersebut mengangkat Wilson lalu membantingnya.

Hanya saja bantingan itu justru membuat triangle-armbar sang rival semakin rapat. Wilson pun lalu dapat mengunci penuh Jeka hingga memaksanya untuk tap out.

Ini membuat Wilson dinyatakan menang melalui metode submission (kuncian). Duel yang dijadwalkan berlangsung tiga ronde tersebut dihentikan ketika pertarungan baru berjalan selama 1 menit 49 detik.

Bagi Jeka Saragih, kekalahan di UFC Vegas 93 menjadi yang keempat dalam kariernya sebagai atlet MMA, di mana ia sudah melakoni total 18 pertarungan dan memenangkan 14 di antaranya.  

Untuk Westin Wilson, hasil ini memperbaiki rapor pertarungannya, dengan 17 kemenangan, 11 kali lewat submission, dan sembilan kekalahan.

Duel antara Jeka melawan Wilson adalah salah satu dari 11 pertarungan yang tersaji dalam UFC Vegas 93. Partai utamanya yakni laga Alex Perez versus Tatsuro Taira. 

Laga kelas terbang tersebut berhasil diklaim Taira. Petarung asal Jepang ini menang technical knockout (TKO) atas Perez pada ronde kedua.    

Hasil Lengkap UFC Vegas 93, Minggu (16/6/2024) WIB:

Main Card
Kelas Terbang: Tatsuro Taira kalahkan Alex Perez via TKO (ronde 2, 2:59)
Kelas Bantam: Miles Johns kalahkan Douglas Andrade via Unanimous Decision (ronde 3, 5:00)
Kelas Bulu: Lucas Almeida kalahkan Timothy Cuambar via Unanimous Decision (ronde 3, 5:00)
Kelas Bantam: Brady Hiestand kalahkan Garrett Armfield via Submission (ronde 3, 1:52)
Kelas Terbang: Asu Almabayev kalahkan Jose Johnson via Unanimous Decision (ronde 3, 5:00)
Kelas Welter: Adam Fugitt kalahkan Josh Quinlan via Split Decision (ronde 3, 5:00)

Preliminary Card
Kelas Terbang: Nate Maness kalahkan Jimmy Flick via Unanimous Decision (ronde 3, 5:00)
Kelas Terbang Wanita: Gabriella Fernandes kalahkan Carli Judice via Split Decision (ronde 3, 5:00)
Kelas Bulu: Westin Wilson kalahkan Jeka Saragih via Submission (ronde 1, 1:49)
Kelas Bulu: Melquizael Costa kalahkan Shayilan Nuerdanbieke via Submission (ronde 3, 1:50)
Kelas Jerami Wanita: Josefine Knutsson kalahkan Julia Polastri via Unanimous Decision (ronde 3, 5:00)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat