sveosportu.com

Jelang Lawan Guinea U-23, STY Fokus Pulihkan Kondisi Pemain

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

- Timnas U-23 Indonesia telah memulai latihan perdana mereka di Prancis. Latihan digelar di INF Clairefontaine, Senin (6/5/2024).

Dalam sesi latihan tersebut, pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, hanya memberikan menu latihan ringan.

“Karena capek jadi hanya latihan pemulihan dan taktik sebentar memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama,” ujar Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, soal suhu dingin yang kini menghinggapi Prancis, hal itu membuatnya lebih waspada untuk mengontrol kondisi Nathan Tjoe-A-On dan kawan-kawan. 

“Seperti apa yang dilihat, suhu lumayan dingin. Jadi yang terpenting mengontrol kondisi pemain, secara tubuh mulai capek dan lelah, yang penting mengontrol kondisi pemain tetap fit,” tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Bukan hanya itu, dia juga mengakui bahwa kondisi rumput lapangan di Clairefontaine berbeda dengan yang mereka dapatkan selama di Qatar. Namun begitu, hal tersebut tidak ingin dijadikan alasan untuk dikeluhkan.

“Memang di bawah standar (kondisi lapangannya) tidak seperti di Doha. Tapi katanya ini rumput yang paling baik, jadi mau tidak mau kami harus adaptasi juga dengan kondisi rumput di sini,” jelasnya.

Dia pun menegaskan bahwa bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, dipastikan bakal bergabung dengan timnya.

Dipanggilnya Dewangga adalah untuk menutupi kekurangan di lini pertahanan skuad Garuda Muda. Mengingat, Justin Hubner harus kembali ke klubnya Cerezo Osaka.

“Kalau visanya (Alfeandra Dewangga) keluar, langsung berangkat ke sini,” kata Shin Tae-yong.

Selain itu, ada juga Elkan Baggott yang dipanggil untuk bergabung dengan tim.

Sementara itu, gelandang Timnas U-23 Indonesia, Ikhsan Nul Zikrak, mengakui saat ini kondisi dirinya dan rekan-rekannya memang masih kelelahan akibat perjalanan tujuh jam yang ditempuh dari Doha ke Paris.

Dia pun mengakui, masih harus beradaptasi dengan kondisi cuaca di Prancis yang masih memasuki musim dingin. Namun begitu, gelandang klub Borneo FC ini menegaskan kesiapannya untuk menghadapi Guinea U-23.

“Kondisi saya alhamdulillah sangat baik dan teman-teman sangat baik. Tentu kami mempersiapkan diri agar bisa bermain bagus dan masuk ke Olimpiade,” ujar Ikhsan Nul Zikrak.

Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia bakal menghadapi Guinea U-23 pada laga play-off dalam rangka memperebutkan satu jatah tersisa ke Olimpiade 2024. Laga kedua tim akan digelar di Clairefontaine, Prancis, 9 Mei nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat