sveosportu.com

Filipina Tambah 8 Pemain Keturunan Baru

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

- Timnas Filipina menambah amunisi mereka untuk menghadapi dua laga tersisa di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Seperti diketahui, dalam dua laga tersebut mereka akan melawan Vietnam (6/6/2024) dan Timnas Indonesia (11/6/2024).

Kedua laga tersebut bakal dilakoni di kandang lawan. Filipina pun membutuhkan kemenangan di dua laga tersebut untuk menjaga kans mereka lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mengingat, saat ini The Azkals, julukan Timnas Filipina, masih menjadi juru kunci Grup F dengan satu poin.

Maka itu, mereka menambah amunisi untuk memperkuat skuad mereka di dua laga itu. Kabar teranyar, pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, mengonfirmasi ada delapan pemain keturunan baru yang siap untuk memperkuat timnya, Juni nanti.

Mereka ada yang berkompetisi di Eropa maupun Amerika. Salah satunya adalah Raphael Obermair yang saat ini berstatus sebagai pemain SC Paderborn, yang berkompetisi di 2.Bundesliga Jerman. Tercatat, gelandang berusia 28 tahun itu dimainkan dalam 32 pertandingan 2.Bundesliga musim ini. 

Dia pun berhasil mengemas lima gol dan lima assist dari jumlah pertandingan itu.

Selain Obermair, ada pula Anthony Markanich (St. Louis City/MLS), Joseph Baccay (Odd/Liga 1 Norwegia), Zico Bailey (New Mexico/Liga 2 MLS), Dylan Demuynck (Zulte Waregem/Liga 2 Belgia), Johannes Selven (Vestri/Liga 1 Islandia), Bjorn Martin Christensen (Aalesund/Liga 2 Norwegia), dan Adrian Ugelvik (Levanger/Liga 2 Norwegia).

“Sembilan puluh persen, secara teori masuk dan paspor siap untuk pertandingan Juni,” ujar Saintfiet, seperti dikutip Spin.ph.

Mudahnya pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Filipina memang tidak terlepas dari diberlakukannya dwi kewarganegaraan di Filipina. Maka itu, bagi para pemain keturunan cukup mudah prosesnya untuk bisa memperkuat Timnas Filipina

Sebenarnya, Timnas Indonesia saat ini juga sedang gencar melakukan naturalisasi para pemain keturunan atau diaspora yang bermain di klub luar negeri. 

Di antaranya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, hingga yang teranyar Maarten Paes yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Termasuk Elkan Baggott yang tidak perlu menjalani sumpah WNI lantaran ketika batas memilih kewarganegaraan dia telah memilih Indonesia.

Terdekat, ada beberapa pemain lagi yang sedang diproses untuk menjadi WNI, di antaranya Jens Raven dan Calvin Verdonk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat