sveosportu.com

Sampai di Indonesia, Pelatih Anyar PSBS Segera Gelar TC

juan esnaider - psbs biak

- Sekitar sebulan sejak diumumkan sebagai pelatih anyar PSBS Biak, Juan Eduardo Esnaider akhirnya menjejakkan kaki di Indonesia.

Mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu tiba di Jakarta pada Kamis (6/6/2024) lalu, dan tak sabar segera mulai bekerja bersama staf pelatih dan para pemain.

Juan Esnaider disambut para petinggi klub, dan mereka langsung berdiskusi untuk menentukan jadwal dan lokasi pemusatan latihan tim jelang Liga 1 2024-2025.

"Saya sudah tidak sabar untuk segera melakukan persiapan menghadapi musim ini bersama PSBS Biak," kata Juan Esnaider, dikutip dari rilis yang diterima .

"Kami sudah bertemu dan sepakat untuk segera menggelar pemusatan latihan. Yang terpenting adalah komposisi tim segera terbentuk untuk menghadapi persiapan pramusim dan musim baru," mantan pelatih Getafe itu menambahkan.

Sejauh ini, PSBS Biak sudah mendatangkan tiga pemain asing asal Amerika Latin, yakni Julian Velazquez (bek, Argentina), William Lugo (gelandang, Venezuela), dan Abel Arganaraz (striker, Argentina).

Juan Esnaider senang dengan pergerakan cepat yang dilakukan manajemen klub karena mereka memang harus punya tim kuat untuk bersaing di Liga 1.

Sang pelatih mengaku sudah mencari tahu soal kasta tertinggi sepak bola Indonesia via YouTube, dan menilai Liga 1 sangat kompetitif.

"Saya lihat persaingan Liga 1 sangat ketat. Banyak tim-tim bagus seperti yang saya nonton saat laga Championship Series lalu," kata pria 51 tahun itu.

Demi memudahkan tugasnya sebagai pelatih kepala PSBS Biak, Juan Esnaider membawa beberapa staf dari Argentina untuk mengisi posisi asisten pelatih, pelatih fisik, dan pelatih kiper.

Tapi, pelatih lokal macam Joice Sorongan dan Ellie Aiboy tetap dipertahankan guna membantunya beradaptasi dengan sepak bola Indonesia.

juan eduardo esnaider
Pelatih kepala PSBS Biak, Juan Esnaider (tengah kiri), disambut oleh presiden klub Yan Mandenas (tengah kanan) di Jakarta, 6 Juni 2024. (Dok. PSBS Biak)

Presiden baru

Tak cuma memperkuat tim dengan pelatih dan pemain anyar, PSBS Biak juga melakukan restrukturisasi di level manajemen.

Satu keputusan paling signifikan adalah mengangkat Yan Mandenas sebagai presiden klub yang baru.

Dia meninggalkan jabatan manajer tim, yang kini diserahkan kepada pelatih kepala Juan Esnaider.

Perubahan ini telah dirapatkan bersama oleh para petinggi Badai Pasifik sebagai upaya meningkatkan profesionalitas tim jelang Liga 1 2024-2025.

"Kami sudah rapat bersama dengan pemilik klub dan pemegang saham, dan sepakat melakukan restrukturisasi. Saya ditunjuk menempati posisi sebagai presiden klub," kata Yan Mandenas, Jumat (7/6/2024).

"Kami terus berbenah untuk menjadi tim yang profesional. Kami tidak hanya ingin numpang lewat di Liga 1," tegasnya.

PSBS Biak promosi ke Liga 1 setelah menjadi juara Liga 2 2023-2024. Mereka sukses mencetak sejarah dan akan tampil di level tertinggi untuk kali pertama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat