sveosportu.com

Kalah Tiebreak, Aldila/Asia Runner Up WTA 500 Strasbourg

Aldila Sutjiadi dan Asia Muhammad

Aldila Sutjiadi harus puas keluar sebagai runner up Internationaux de Strasbourg 2024. Harapan untuk bisa meraih gelar pertama di level turnamen tenis WTA 500 belum mampu diwujudkannya. 

Petenis putri Indonesia itu bersama pasangannya, Asia Muhammad asal Amerika Serikat (AS), gagal juara di WTA 500 Strasbourg setelah menelan kekalahan dramatis dalam partai final, Sabtu (25/5/2024).

Pada pertandingan perebutan gelar ganda putri yang berlangsung di Tennis Club de Strasbourg, Prancis, Aldila/Asia takluk dari duet Cristina Bucsa/Monica Niculescu melalui tiebreak ketat.

Bertarung selama 1 jam 32 menit di lapangan tanah liat Strasbourg, Aldila/Asia akhirnya harus mengakui keunggulan pasangan Spanyol-Rumania tersebut dengan kedudukan 6-3, 4-6, 6-10.

Aldila/Asia tampil solid pada set pertama, membuat mereka mampu mendominasi. Namun, di set kedua, Bucsa/Niculescu bangkit untuk memaksakan berlanjut ke set penentuan atau super tiebreak

Sempat tertinggal, Aldila/Asia bisa memangkas ketertinggalan. Sayangnya, perlawanan keras mereka dapat diatasi oleh Bucsa/Niculescu untuk memastikan menjadi juara di Strasbourg.   

Kendati menyelesaikan turnamen Internationaux de Strasbourg 2024 sebagai runner up, ini tetap sebuah prestasi bagi Aldila dan juga Asia. Terlebih mengingat mereka baru berpasangan sejak April lalu.

“Kami sudah berjuang sekuat tenaga dan memberikan yang terbaik. Saya tetap bangga telah mencapai final dan membawa nama Indonesia di kancah tenis internasional,” ujar Aldila seperti dikutip dari Antara.

“Saya dan Asia juga semakin solid dan paham satu sama lain. Kami berharap bisa menjadi juara pada turnamen berikutnya,” tambah petenis kelahiran Jakarta, 2 Mei 1995 tersebut. 

Aldila memang patut bangga dengan pencapaiannya bersama Asia. Dalam perjalanannya menembus final, mereka menyingkirkan rival-rival kuat, termasuk unggulan ketiga Shuko Aoyama/Lyudmyla Kichenok.

Pada turnamen sebelumnya, WTA 125 Trophee Clarins di Paris, pekan lalu, Aldila Sutjiadi/Asia Muhammad sukses menjadi juara. Sekarang mereka berstatus runner up ajang yang levelnya lebih tinggi lagi, WTA 500.

Raihan luar biasa selama dua pekan terakhir di Prancis tersebut  tentu saja akan menjadi modal bagus bagi Aldila/Asia menghadapi Grand Slam French Open atau Roland Garros di Paris, 26 Mei-9 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat