sveosportu.com

Indonesia Tuai Modal Positif Jelang SEABA U-18 Women’s 2024

Basket. (Hendy AS/Skor.id)

– Timnas Basket Putri U-18 Indonesia melakoni laga uji coba sehari jelang turun dalam ajang SEABA U-18 Women’s 2024.

Laga uji coba tersebut berlangsung di Lapangan Basket Princess Sirindhorn's College, Nakhon Phatom, Thailand pada Kamis (23/5/2024).

Menjajal kekuatan Tim Basket Universitas Silpakorn, skuad muda Merah Putih berhasil menang dengan skor tipis 57-56.

General Manager Timnas Basket Putri U-18, Dedy Setiawan, mengatakan uji coba ini untuk menguji segi pertahanan skuad sebelum tampil di SEABA U-18 Women’s 2024. 

Sebelumnya, ada beberapa catatan tim pelatih yang butuh disempurnakan usai scrimmage game melawan Tim Putri PON DKI Jakarta di GBK Arena lalu. 

“Tujuan uji coba ini untuk memperbaiki catatan-catatan yang muncul usai melawan Tim Putri PON DKI Jakarta,” Dedy Setiawan menjelaskan. 

“Dalam pertandingan tadi, defense anak-anak sudah bisa tampil lebih baik dibanding sebelumnya.”

Tim Basket Universitas Silpakorn sendiri dipilih sebagai lawan karena beberapa alasan. Salah satunya karena tim ini termasuk dalam level papan atas liga mahasiswa di Thailand.

Bahkan tim itu diperkuat oleh sejumlah pemain nasional Thailand, seperti Palida Nuamkong, Achara Kitchalya, dan Piyanuch Sripem.

“Kalau di Indonesia, Tim Universitas Silpakorn ini juaranya LIMA (Liga Mahasiswa) jadi wajar jika anak-anak butuh penyesuaian di awal,” ujar Dedy. 

Dedy Setiawan pun menyebut banyak pelajaran yang dipetik pemain Indonesia dari laga kontra tim basket Universitas Silpakorn. 

Kemenangan di laga tadi pun menjadi modal berharga jelang tarung di SEABA U-18 Women’s 2024 yang mulai berlangsung Jumat (24/5/2024).

Secara keseluruhan, apa yang ditunjukkan Jennifer Collin dan kolega dalam laga uji coba sudah luar biasa. 

Mereka menunjukkan perkembangan pesat setelah berlatih di Bali sejak 25 Maret 2024 kemudian pindah ke Jakarta. 

Diharapkan, permainan Indonesia terus berkembang saat tanding di SEABA U-18 Women’s 2024. 

Dalam ajang tersebut, Indonesia akan memulai perjuangan melawan Malaysia U-18 pada 24 Mei 2024 disusul laga kontra Thailand dan Filipina yang digelar berturut-turut.

“Meski ini hanya sebatas uji coba, hasil positif ini jadi modal positif bagi pemain. Kepercayaan diri mereka bertambah menatap SEABA U-18 Women’s nanti,” kata Dedy.

“Namun, yang perlu diingat adalah tim ini dipersiapkan untuk FIBA U-18 Women’s Asia Cup di China pada 24-30 Juni 2024.” 

“Saya berharap anak-anak bisa berkembang di SEABA ini sehingga akan lebih matang lagi saat tampil di Asia Cup nanti,” Dedy memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat