sveosportu.com

Senangnya Nova Arianto Saat Balik ke Timnas U-16 Indonesia

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Nova Arianto akhirnya kembali memimpin Timnas U-16 Indonesia setelah selesai bertugas mendampingi Shin Tae-yong di Timnas U-23 Indonesia.

Nova Arianto diketahui juga merupakan asisten pelatih Shin Tae-yong dan baru saja selesai berjuang pada Piala Asia U-23 2024 dan play-off Olimpiade 2024.

Sekarang Nova Arianto sudah berada di Yogyakarta untuk memimpin pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas U-16 Indonesia yang sudah berjalan.

Selama ditinggal oleh Nova Arianto, agenda Garuda Muda memang terus berlangsung dengan dipimpin asisten pelatih, Haryanto Prasetyo selama sementara.

Namun pemantauan selalu dilakukan dan pelatih asal Semarang itu pun mengaku senang dengan kondisi para pemain setelah terus berlatih di Yogyakarta.

"Setelah saya tiba di Yogyakarta, melihat kondisi pemain, saya lihat kondisi pemain sangat baik, tanggal 18 April kami mulai (TC). Kondisi pemain baik secara fisikal," kata Nova Arianto.

Para pemain yang terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16 Indonesia di Yogyakarta. (Dok. PSSI)
Para pemain yang terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16 Indonesia di Yogyakarta pada 18 April 2024. (Dok. PSSI)

Diketahui selama pemusatan latihan kali ini atau saat ditinggal Nova Arianto, skuad Garuda Muda lebih banyak ditempa untuk penguatan fisik.

Pelatih berusia 44 tahun itu pun merasa puas dengan hasil ujian fisik yang dijalani para pemain Timnas U-16 Indonesia.

"Kalau dari hasil latihan ekstra di Kaliurang, body balance, fight pemain, otot pemain, kondisinya sudah bagus. Kami akan jaga kondisinya untuk lebih siap sampai di AFF," ucap Nova Arianto.

Setelah aspek fisik, Timnas U-16 Indonesia akan menjalani program tahap selanjutnya yakni taktikal. Pertandingan uji coba juga bakal dijalani.

Garuda Muda diketahui bakal tampil pada Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Indonesia, tepatnya di Solo pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

"Setelah ini, kami masuk latihan taktikal untuk AFF nanti. Program taktikal lebih dahulu, lalu program uji coba awal bulan Juni. Tapi kami lihat situasi," Nova Arianto memungkasi.

Piala AFF U-16 2024 di Solo. (Rahmat Ari Hidayat/)
Piala AFF U-16 2024 di Solo. (Rahmat Ari Hidayat/)

Adapun selama pemusatan latihan berlangsung, Haryanto Prasetyo mengakui akan tetap ada promosi dan degradasi pemain di skuad Timnas U-16 Indonesia.

Pelatih yang akrab disapa Coach Tommy itu berharap setiap pemain yang terpanggil ke skuad Garuda Muda dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Kami ada pemulangan pemain di sesi TC berikutnya, karena kami akan geser ke Yogya di kota, jadi ada beberapa pemain yang akan kami pulangkan," ucapnya.

"Karena kuota kami hanya cukup 40 pemain, dan juga ada kedatangan pemain lain lagi dari Diaspora dan Asprov," Tommy memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat