sveosportu.com

Ketum PSSI Ungkap Ciri-ciri Calon Pemain Naturalisasi Anyar

Pemain NEC Nijmegen, Calvin Verdonk yang sedang diproses naturalisasi untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan ciri-ciri calon pemain naturalisasi yang sedang diproses untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sebelumnya dikabarkan, ada dua pemain keturunan Indonesia di luar negeri yang saat ini sedang menjalani proses untuk dinaturalisasi. 

Salah satu yang mencuat dan sudah mengakui adalah pemain NEC Nijmegen, Calvin Verdonk. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut mengungkapkan saat ini dokumennya sedang diurus untuk dilengkapi.

Ketika coba dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Erick Thohir, masih menjawabnya dengan diplomatis.

“Kalau saya selama belum ketemu dan salaman langsung, saya tidak ingin berspekulasi,” kata Erick Thohir, saat berbincang dengan media termasuk di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Meski begitu, dia mengakui bahwa saat ini memang sudah ada dua pemain yang sedang dalam proses untuk dinaturalisasi. Salah satunya memang Calvin Verdonk.

Dan lelaki yang juga Menteri BUMN itu pun mengungkapkan ciri-ciri satu pemain lagi yang bakal dinaturalisasi.

“Kalau surat yang masuk ya ada dua. Kalau Calvin kan dia bisa main tidak hanya bek, sayap, bisa juga defensive midfielder. Dia juga punya tendangan yang cukup mematikan. Ada Thom Haye, ada dia (Calvin Verdonk) kalau tendangan-tendangan (set piece) itu agak cocok,” ujarnya.

“Salah satunya striker, tapi ya perlu waktu striker ini untuk bisa menjadi tulang punggung utama,” tambahnya.

Tapi, Erick Thohir menegaskan bahwa striker yang dimaksud bukan penyerang klub FC Utrecht, Ole Romeny.

Ole Romeny adalah striker berusia 23 tahun yang memiliki hubungan dengan Indonesia lantaran nenek dan ibunya lahir di Indonesia.

“Saya pastikan bukan itu (Ole Romeny), kan itu masih bicara. Karena belum salaman kan belum pasti,” tegas Erick Thohir.

Jika prosesnya lancar, kemungkinan dua calon pemain naturalisasi anyar ini diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Juni 2024.

Pada periode tersebut, skuad Garuda bakal menjalani dua pertandingan terakhir, yakni menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024).

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi dari dua laga tersebut, untuk memastikan satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat