sveosportu.com

Kevin Sanjaya Sukamuljo Resmi Mundur sebagai Atlet Pelatnas

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, ganda putra Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

– Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan telah mundur sebagai atlet nasional bulu tangkis Indonesia.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja, menyatakan bahwa mantan pemain ganda putra nomor satu dunia itu sudah menyampaikan keputusannya untuk mundur dari Pelatnas PBSI sejak 6 April lalu.

“Tanggal 6 April saya bertemu dengan Kevin di pelatnas, saya tanya (ke Kevin) ‘mau lanjut atau bagaimana?’, intinya Kevin menyatakan untuk pamit juga dari pelatnas,” ujar Ricky kepada awak media di Pelatnas PBSI pada Kamis (16/5/2024). 

“Tetapi kenapa baru hari ini disampaikan, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan Kevin setelah tanggal 6 April.”

Ricky mengatakan PBSI secara resmi baru bisa menyampaikan mundurnya Kevin dari pelatnas dikarenakan salah satunya permintaan dari sang atlet sendiri yang meminta waktu mengumumkannya di media.

Selain itu pada April lalu, tim bulu tangkis Indonesia sedang fokus menjalani persiapan untuk menghadapi kejuaraan beregu Thomas dan Uber Cup 2024.

Sehingga menurut Ricky, perlu waktu yang pas dan tepat untuk mengumumkan kabar penting ini kepada publik.

“Terus kita juga ada Thomas dan Uber Cup sebelumnya, jadi kenapa saya baru umumkan sekarang bahwa Kevin pamit dari pelatnas,” lanjut Ricky.

“Kita hormati keputusan Kevin juga dengan waktu pengumumannya. Kemarin sore saya konfirmasi lagi ke Kevin ‘keputusan sudah seperti yang kita bicarakan?’, Karena besok kita preskon dan Kevin menyatakan silakan untuk disampaikan karena memang itu sudah jadi suatu keputusan.”

Dengan keputusan ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo pun menyusul mantan rekan tandemnya, Marcus Fernaldi Gideon yang telah lebih dulu mengumumkan keputusan pensiun dari olahraga bulu tangkis pada 9 Maret lalu.

Meski begitu, Ricky Soebagdja tidak bisa memastikan apakah Kevin masih akan melanjutkan kariernya sebagai atlet bulu tangkis dengan status profesional setelah mundur dari pelatnas.

“Sebagai atlet nasional di pelatnas ini kan (Kevin) sudah pamit, tapi kalau Kevin mau meneruskan di luar pelatnas, saya kurang tahu,” ujar Ricky.

Dalam kesempatan yang sama, PBSI melalui Ricky juga menyampaikan apresiasi kepada Kevin Sanjaya Sukamuljo atas prestasi yang telah ia raih selama menjadi andalan Merah Putih bersama Gideon di nomor ganda putra dalam periode waktu 2015-2021.

“Tentunya kita apresiasi untuk Kevin dan Gideon bahwa bagaimanapun mereka memiliki prestasi yang luar biasa sudah menyumbangkan banyak gelar bahkan sebagai ganda putra nomor satu dunia cukup lama,” tuturnya.

“Intinya, saya dan PBSI mengapresiasi pencapaian Kevin atau Minions selama di pelatnas.”

Lebih lanjut, Ricky menyampaikan rencana PBSI yang akan membuat acara perpisahan untuk Kevin dan Gideon secara seremonial saat pelaksanaan Indonesia Open 2024.

“PBSI punya rencana secara resmi (bikin) farewell di Indonesia Open 2024, kita akan membuat suatu acara di sana untuk Minions,” peraih emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 itu memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat