sveosportu.com

Kilas Balik Piala Eropa 1996: Gol Emas Menangkan Jerman

Trofi Piala Eropa atau Piala UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Menyambut gelaran Euro 2024 (Piala Eropa 2024), menampilkan kembali artikel mengenai Kilas Balik Piala Eropa.

Euro 2024 akan dilangsungkan di Jerman, mulai 14 Juni 2024, hingga 15 Juli 2024.

Pada Kilas Balik Piala Eropa kali ini, gelaran Piala Eropa 1996 menjadi pembahasan berikutnya, setelah edisi Euro 1992 yang dimenangkan Denmark.

Kali ini Jerman berhasil menjadi juara, berkat gol emas Oliver Bierhoff yang melegenda.

Berikut ini Kilas Balik Piala Eropa 1996:

Inggris menjadi tuan rumah Piala Eropa untuk pertama kalinya pada 1996, dengan Jerman yang akhirnya keluar sebagai juara.

Gelaran Piala Eropa ke-10 tersebut juga menjadi edisi pertama dengan 16 peserta, setelah sebelumnya hanya diikuti delapan negara.

Pertandingan digelar di delapan kota: Birmingham, Leeds, Liverpool, London, Manchester, Newcastle, Nottingham dan Sheffield.

Meskipun tidak semua tiket pertandingan terjual habis, edisi kala itu mencatat jumlah penonton terbanyak kedua sepanjang sejarah, dan hanya dilampaui Piala Eropa 2012.

Ini juga jadi kali pertama dipergunakannya sistem tiga poin untuk kemenangan selama babak penyisihan grup hingga final.

Jerman yang datang sebagai finalis Euro 1992, tampil perkasa sejak fase grup. Mereka menaklukkan Republik Ceko, Rusia, dan menahan Italia.

Der Panzer asuhan Berti Vogts pun akhirnya tampil sebagai juara grup dengan dengan mengoleksi 5 gol dan tanpa kebobolan.

Di perempat final, mereka mengandaskan tim kuda hitam Kroasia dengan skor 2-1 lewat gol Jurgen Klinsmann dan Matthias Sammer, untuk memupus gol Davor Suker.

Anak asuh Berti Vogts mendapat tantangan berat di semifinal, saat harus menantang Inggris yang saat itu dihuni generasi emas seperti Paul Gascoigne, Steve McManamam, dan Alan Shearer.

Bahkan, Jerman sempat tertinggal lewat gol cepat Shearer yang mendapat dukungan 75 ribu penonton di Stadion Wembley.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat