sveosportu.com

Indonesia Tanpa Atlet Olimpiade di Australian Open 2024

Australian Open 2024

– Tim bulu tangkis Indonesia dipastikan tidak bakal tampil dengan kekuatan penuh menghadapi Australian Open 2024 yang dijadwalkan bergulir pekan ini, 11-16 Juni. 

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memutuskan untuk menarik seluruh pemain yang telah lolos ke Olimpiade Paris 2024 dari turnamen BWF Super 500 tersebut. 

Ini menyusul hasil mengecewakan yang didapat Skuad Merah Putih dalam turnamen bergengsi di negeri sendiri, Indonesia Open 2024, di Istora Senayan, Jakarta, sepanjang pekan lalu. 

Wakil-wakil Indonesia tampil buruk, terutama mereka yang akan ambil bagian dalam Olimpiade Paris 2024 pada Juli-Agustus mendatang. 

Dari enam wakil Merah Putih untuk Olimpiade, hanya tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang mampu melangkah paling jauh, yakni mencapai perempat final.  

Sedangkan dua andalan Indonesia di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, bahkan langsung tersisih di babak pertama. Begitu pula Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra.

Dari ganda putri, langkah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang menjadi unggulan kedelapan Indonesia Open 2024, harus terhenti di babak 16 besar.

Lalu Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, ganda campuran Indonesia yang akan berlaga di Paris 2024, juga gugur di babak pertama. 

Dalam jumpa pers usai Indonesia Open, Minggu (9/6/2024), Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan tidak menyertakan atlet Olimpiade untuk Australian Open.

6 Wakil Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2024
Enam wakil Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 akan absen dari turnamen BWF Super 500 Australian Open, 11-16 Juni ini. (Jovi Arnanda/)

Sebelumnya, beberapa nama seperti Jonatan Christie, Anthony Ginting, ada dalam daftar, bahkan menjadi unggulan pada Australian Open 2024 yang bakal berlangsung di State Sports Center, Sydney. 

“Kami sudah menjadwalkan ke Australia, ada beberapa yang ikut Olimpiade kami tarik seperti Jojo (Jonatan Christie) dan (Anthony) Ginting, dan juga yang lainnya tidak jadi turun di Australia,” Ricky menuturkan.

Lebih lanjut mantan ganda putra Indonesia yang berpasangan dengan Rexy Mainaky tersebut menjelaskan penarikan ini terpaksa diambil untuk melakukan evaluasi agar para pemain bisa lebih baik di Paris 2024.

Kendati langkah tersebut disadari Ricky dan jajarannya mengandung risiko para pebulu tangkis Olimpiade Merah Putih kehilangan banyak poin untuk menentukan seed (unggulan) dalam Olimpiade nanti.

“Betul (pemain) akan kehilangan banyak poin. Kami sudah diskusi dengan pelatih tentang ini. Jelas karena hasil di Indonesia Open ini kami lebih baik fokus memperbaiki apa yang sebenarnya terjadi pada para atlet, terutama Jojo dan Ginting,” kata Ricky Soebagdja.    

Pada Senin (10/6/2024) malam, PBSI merilis komposisi tim bulu tangkis Indonesia untuk Australian Open. Total hanya sembilan wakil yang dikirim mengikuti turnamen tersebut. 

Sektor tunggal putra diperkuat Chico Aura Dwi Wardoyo serta Alwi Farhan. Sementara di tunggal putri ada tiga perwakilan, yakni Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi.         

Untuk ganda putra, pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi satu-satunya delegasi Merah Putih. Pun begitu di nomor ganda putri, hanya Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi.

Terakhir, di nomor ganda campuran, Indonesia memiliki dua wakil, yaitu Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. 

Daftar Wakil Indonesia yang Berlaga dalam Australian Open 2024:

Tunggal Putra
1) Chico Aura Dwi Wardoyo
2) Alwi Farhan

Tunggal Putri
3) Putri Kusuma Wardani
4) Ester Nurumi Tri Wardoyo
5) Komang Ayu Cahya Dewi

Ganda Putra
6) Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda Putri
7) Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran
8) Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
9) Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat